Kamis, 21 Februari 2019 17:52

11 Pendonor Gresik Dapat Penghargaan Presiden

Rabu, 23 Januari 2019 18:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
11 Pendonor Gresik Dapat Penghargaan Presiden
Bupati Sambari saat melepas para pendonor yang akan mendapatkan pin emas dari presiden.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto melepas 11 orang pendonor darah seratus kali menuju Istana Negara. Mereka akan menerima pin emas Pendonor Seratus kali dari Presiden RI, Joko Widodo pada Sabtu (26/1).

Sebelumnya, dengan diantar Ketua PMI Gresik Moh. Nadjib serta pengurus yang lain, 11 pendonor darah tersebut ditemui Bupati di Ruang kerjanya, Rabu (23/1). Bupati menyampaikan banyak hal terkait sumbangsih para pendonor di PMI Gresik selama ini.

"Saya sampaikan terima kasih kepada semua sebagai pejuang kemanusiaan. Bagaimana pun sumbangsih ini telah banyak menyelamatkan masyarakat Gresik dan sekitarnya," ujarnya. "Darah yang disumbangka selain ditransfusikan kepada masyarakat Gresik, juga diperbantukan untuk para pasien di daerah sekitar Gresik. Hal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, " imbuhnya.

Ia menyatakan, stok darah yang ada di PMI Gresik selalu lebih dan bahkan disumbangkan kepada daerah lain yang membutuhkan. "Lebih baik berlebih dan disumbangkan daripada kekurangan. Selama ini kita telah berswasembada darah," ungkapnya.

Sukses PMI Gresik dalam berswasembada darah tak lepas dari para pendonor yang rutin menyumbangkan darahnya.

Selain 11 orang pendonor seratus kali yang kali ini akan menerima pin emas dari Presiden RI tahun 2019, Gresik sudah membukukan 110 pendonor serupa sejak tahun 2012-2018.

Ketua PMI M. Nadjib mengatakan jumlah perolehan darah pada unit PMI Gresik sebanyak 23.021 kantong. Jumlah ini melebihi dari target yaitu 22.800 kantong. Darah yang terdistribusi sebanyak 20.345 kantong. "Kami distribusikan ke seluruh rumah sakit di Kabupaten Gresik. Serta beberapa rumah sakit dari Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Mojokerto, dan Pamekasan yang telah melakukan kesepahaman dengan kita," kata Nadjib.

Wakil Ketua PMI Gresik, dr. Sugeng Suparlan menambahkan, banyak manfaat yang diperoleh melalui donor. Misalnya, dapat mendeteksi penyakit infeksi darah yang diderita pendonor. "Misalnya penyakit hepatitis B dan hepatitis C, HIV/AIDS, dan Malaria, " pungkasnya. (hud/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...