Puting Beliung dan Ombak Tinggi Masih Mengancam Masyarakat Tuban

Puting Beliung dan Ombak Tinggi Masih Mengancam Masyarakat Tuban Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bencana puting beliung dan gelombang tinggi masih menjadi ancaman bagi masyarakat di Kabupaten .

Untuk itu, masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan saat terjadinya hujan yang disertai angin kencang. Mengingat, saat ini baru memasuki awal musim penghujan dan diperkirakan puncaknya terjadi pada bulan Maret mendatang.

"Belum puncak musim saja sudah begini, apalagi nanti kalau sudah masuk puncaknya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten , Joko Ludiono, Selasa (22/1).

Ia mengatakan bencana puting beliung masih sangat mungkin terjadi, mengingat dalam kurun dua bulan terakhir telah terjadi sebanyak lima kali. Yang terbaru, puting beliung menerjang sekitar kecamatan Widang hingga mengakibatkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Beruntung, bencana itu tidak sampai merenggut korban jiwa. Namun demikian, kerugian puluhan juta harus ditanggung oleh warga yang menjadi korban bencana.

"Wilayah Bancar dan Widang menjadi perhatian khusus, karena pernah terjadi puting beliung sehingga warga harus lebih waspada karena potensi bencana terulang sangat tinggi. Diperkirakan puting beliung masih terjadi hingga bulan April mendatang," katanya.

Selain itu, wilayah yang berbatasan langsung dengan laut juga harus mewaspadai terjadinya gelombang tinggi. Saat ini gelombang terjadi akibat pengaruh angin dari Australia yang sangat kencang.

"Mudah-mudahan masih aman terkendali," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO