Kamis, 02 April 2020 15:35

DPRD Gresik Sarankan Dishub Buat Lahan Parkir Khusus Mobil

Kamis, 17 Januari 2019 14:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
DPRD Gresik Sarankan Dishub Buat Lahan Parkir Khusus Mobil
Ketua DPRD Gresik H. Ahmad Nurhamim didampingi Sekretaris Dishub A. H. Sinaga saat meninjau ruas jalan yang digunakan parkir mobil warga.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik meminta Dishub membuat lahan parkir khusus mobil di simpul-simpul permukiman tepi jalan protokol Kota Gresik. Pasalnya, saat ini masih banyak warga yang memarkir mobilnya di tepi jalan karena tak punya garasi.

"Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di simpul ruas jalan itu, karena jalan menjadi sempit termakan parkir di kanan kiri," ujar Ketua DPRD Gresik, H. Ahmad Nurhamim kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (17/1).

Menurut Nurhamim, ada sejumlah kawasan permukiman yang marak parkir mobil sembarangan di tepi jalan. Di antaranya, di sepanjang Jalan Pahlawan, Kali Tutup Jalan KH. Hasyim Asyari, Jalan Malik Ibrahim, Jalan Giri Kecamatan Kebomas, dan sejumlah kawasan permukiman lain.

Menurut Nurhamim, problem ini bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk pendapatan daerah. Di kawasan permukiman tersebut, kata Nurhamim, Dishub bisa mencari lahan kosong baik lahan milik pemerintah maupun lahan pengadaan untuk membuat lahan parkir khusus mobil.

"Saya contohkan di sepanjang Jalan Pahlawan. Dishub bisa memanfaatkan areal parkir gedung serbaguna untuk areal parkir mobil warga berbayar. Atau Dishub mencari lahan kosong dengan cara pengadaan," papar Ketua DPD Golkar Gresik ini.

Melalui penertiban ini, lanjut Nurhamim, Pemkab Gresik dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi atau pajak. "Selama ini di jalan Kali Tutup kondisinya semrawut. Jika ini ditertibkan dengan menyiapkan lahan, ruas jalan menjadi tertib, masyarakat mendapatkan fasilitas parkir yang aman dan nyaman, Pemkab juga mendapatkan pendapatan dari sektor retribusi parkir," terangnya.

Sementara Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, Agustin Halomoan Sinaga menyambut baik usulan dari Ketua DPRD tersebut. Namun, ia menyatakan bahwa keputusan nantinya tetap berada di pemerintah dan DPRD.

Untuk sementara, ia memilih untuk memaksimalkan program e-parking (parkir elektronik, red) demi meningkatkan pendapatan dari retribusi parkir. Titik-titik yang tengah dilakukan uji coba e-parking adalah di antaranya di depan Pasar Kota Gresik dan Jalan Samanhudi.

"E-parkirng ini sebagai upaya Pemkab Gresik untuk memudahkan pengguna parkir dan peningkatan pendapatan retribusi parkir. Pengguna parkir melakukan pembayaran dengan menggunakan e-money yang telah disiapkan Dishub. Saat ini masih ada sepuluh titik yang dipasangi mesin e-money ini. Jika ini efektif, kita akan mengusulkan penambahan perangkat ini untuk dipasang di titik-titik lainnya," pungkas Naga. (hud/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...