Minggu, 26 Januari 2020 21:33

KWG dan DPRD Bersinergi Studi Banding ke Makassar Gali Potensi Pendapatan Parkir

Senin, 14 Januari 2019 09:52 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syhud Almanfaluty
KWG dan DPRD Bersinergi Studi Banding ke Makassar Gali Potensi Pendapatan Parkir
Ketua KWG, M. Syuhud Almanfaluty dan Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim dalam suatu kesempatan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Komunitas Wartawan Gresik (KWG) terus berupaya melakukan langkah terobosan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Gresik.

Pada tahun 2017 lalu, DPRD dan KWG bersama-sama ke Bandung untuk studi banding dalam rangka menggali potensi wisata. Kali ini, KWG dan DPRD kembali bersinergi dalam rangka menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir.

"KWG dan DPRD akan lakukan studi banding ke Makassar. Di sana kami akan menggali kiat-kiat pemerintah Makasaar dalam menangani sektor parkir, sehingga berbuah PAD sangat besar," ujar Ketua KWG, M. Syuhud Almanfaluty, Senin (14/1). "Langkah ini kami lakukan semata-mata untuk membantu pemerintah daerah, di mana teman-teman KWG bertugas," sambungnya.

Menurut Syuhud, selain bentuk kemitraan dengan pemerintah, kerja sama ini juga merupakan bentuk komitmen KWG sebagai salah satu instrumen pilar demokrasi dalam membantu mewujudkan terciptanya pemerintahan yang baik, sehingga terwujud keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat. "Mudah-mudahan apa yang KWG lakukan selalu mendapatkan ridho dari sang Khaaliq Allah SWT, Aamiin yaa mujibas saailiin," do'anya.

Syuhud menyatakan, pendapatan sektor parkir di Gresik tergolong masih kecil. Padahal, potensinya cukup besar. Ia kemudian mencontohkan pendapatan dari retribusi parkir tepi jalan umum (PTJU) yang ditarget hanya Rp 1,8 miliar di 2018. Bahkan, target tersebut sudah direvisi berkali-kali oleh DPRD karena Dishub tak sanggup memenuhinya.

"Awalnya, target parkir tepi jalan umum Rp 5 miliar. Namun, dalam evaluasi DPRD, Dishub tak mampu membukukannya setelah melihat potensi yang ada. Hingga akhirnya pada Perubahan APBD 2018, target tersebut diturunkan menjadi tinggal Rp 1,8 miliar," urai wartawan HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com ini.

Sementara untuk sektor pajak parkir yang ditangani Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), menurut Syuhud sudah sangat bagus. Di tahun 2018, dari target Rp 2,8 miliar, terealisasi Rp 2,845.834.706, 00 atau 101,64 persen. "Hal ini perlu ditingkatkan mengingat di Kabupaten Gresik mulai tumbuh subur perhotelan, mall, restoran, maupun tempat perbelanjaan lain," pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Gresik, H. Ahmad Nurhamim menyambut baik inisiasi KWG dalam membantu menggali potensi daerah dari sektor parkir. Nurhamim mengakui, bahwa potensi pendapatan daerah dari sektor parkir, baik retribusi maupun pajak, sangat luar biasa. Terlebih, pasca bermunculan perhotelan, mall, restoran, dan sarana ekonomi lain.

"Potensi daerah ini semaksimal mungkin harus bisa kita manfaatkan untuk kemajuan daerah," paparnya.

Menurutnya, penyebab target retribusi PTJU tak terwujud adalah ketidakmampuan OPD berwenang, karena alasan potensi yang ada. Karena itu, ia berharap melalui studi banding tersebut didapat kiat-kiat dalam meningkatkan pendapatan parkir. "Saya yakin Gresik bisa. Yang penting ada kemauan," pungkas Caleg Dapil I (Kebomas dan Gresik) ini. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...