Sabtu, 19 Oktober 2019 07:37

Angin Kencang Terjang Tulangan, Puluhan Atap Rumah Rusak

Minggu, 13 Januari 2019 19:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Angin Kencang Terjang Tulangan, Puluhan Atap Rumah Rusak
Warga dibantu petugas dari TNI yang sedang membetulkan atap asbes yang melorot.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bencana kembali menerjang kota delta. Setelah banjir yang merendam jalan raya Porong tiga hari yang lalu, Jumat (11/1), giliran puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Tulangan. Sebanyak 26 atap rumah di Desa Sudimoro dan Desa Grogol rusak.

Salah satu warga Desa Sudimoro, Windhianti Nila Pangestu masih ingat betul amukan puting beliung tersebut. "Sore itu, sekitar pukul 17.00 WIB, hujan mengguyur deras. Awalnya hanya hujan, seketika disertai angin kencang," cetusnya saat ditemui BANGSAONLINE.com, Sabtu (12/1) kemarin.

Hempasan angin semakin kencang. Selang beberapa menit, puting beliung menerjang. Nila, sapaan akrab Windhianti menuturkan, dari arah Barat tampak angin memutar. "Angin bergerak mendekati permukiman," jelasnya.

Melihat gulungan angin, warga ciut nyali. Mereka memilih mengunci rapat pintu rumah. Amukan puting beliung itu tidak sampai sepuluh menit. Namun, selepas kejadian, banyak rumah warga yang porak-poranda.

Rumah Nila aman, hanya pohon di pekarangannya yang tumbang. Namun lain halnya dengan rumah warga. Sekitar 20 rumah menjadi korban terjangan angin kencang. Genting dan asbes melorot, bahkan ada juga yang sampai hilang entah ke mana. 

"Listrik pun sempat padam. Baru pagi ini (kemarin) kami perbaiki," ucap Bendahara Desa Sudimoro itu.

Salah satu warga yang terdampak yaitu Sujono. Genting bagian depan rumahnya hilang tersapu angin. Untungnya rumah tidak ambruk. Pagi kemarin dia bersama warga memasang kembali atap tersebut. 

"Kalau tidak segera dibenahi air hujan masuk ke rumah. Tambah rusak," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwidjo Prawito mengatakan terjangan angin itu bukan puting beliung. Namun angin kencang. Sebab dampaknya tidak sedahsyat seperti di Desa Kajeksan tahun lalu.

Dari data BPBD, tercatat 26 rusak ringan. Perinciannya sebanyak 19 rumah di Desa Sudimoro dan tujuh rumah di Desa Grogol. "Rata-rata genting dan asbes melorot. Ada juga yang hilang," ucapnya.

BPBD beserta TNI, Kecamatan, serta desa segera membenahi rumah warga. Material seperti genting dan asbes dicukupi Kecamatan. Perbaikan ditargetkan rampung hari ini.

Namun, warga kota delta harus tetap waspada. Pasalnya mendekati puncak musim hujan, intensitas hujan semakin meningkat. Bahkan disertai angin kencang. Dwidjo menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah petugas. "Ketika ada bencana kami langsung ke lapangan," pungkasnya. (cat/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...