Wujudkan Desa Mandiri, Wakil Ketua DPRD Gresik Ajak Pemdes Berbenah

Wujudkan Desa Mandiri, Wakil Ketua DPRD Gresik Ajak Pemdes Berbenah Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib ketika sosialisasi kemandirian desa di Kecamatan Manyar. foto: SYUHUD ALMANFALUTY/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib kembali menggelar road show dalam rangka menyosialisasikan program kemandirian desa. Kali ini, politikus PPP menggelar kegiatan tersebut di kantor Kecamatan Manyar, Kamis (10/1).

Sosialisasi yang dihadiri Camat Manyar Suyono ini diikuti oleh puluhan kepala desa (Kades) se-Kecamatan Manyar yang tergabung dalam forum desa.

Di hadapan peserta, Nur Qolib mejelaskan bahwa desa mandiri merupakan salah satu program yang masuk prioritas pembangunan Gresik 2019. "Desa mandiri sudah menjadi dokumen resmi program yang harus dilakukan Pemkab Gresik," terangnya.

Sementara untuk mewujudkan kemandirian desa itu, Nur Qolib mengajak pemdes berbenah. Apalagi saat ini desa mendapatkan banyak kucuran anggaran, seperti dana desa (DD) maupun program lainnya. "Program ini tak mungkin bisa dilakukan selama setahun saja. Namun, programnya harus berkelanjutan dan terukur," ujarnya.

Untuk itu, tujuan diadakannya forum ini untuk memberikan pemahaman kepada kades agar bisa memanfaatkan dana dari pusat maupun daerah untuk mewujudkan kemandirian desa. 

Sampai saat ini, Nur Qolib mencatat hanya beberapa desa saja yang bisa dikategorikan menjadi desa mandiri. Padahal, total ada 360 desa di Gresik. "Tapi Alhamdulillah, setidaknya setiap tahun desa yang mandiri bertambah," pungkas pria asal Menganti ini. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO