Selasa, 25 Juni 2019 01:36

Pra Haul Gus Dur ke-9, Gusdurian Sidoarjo Gelar Khotmil Quran di GKI Krian

Minggu, 06 Januari 2019 20:17 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Pra Haul Gus Dur ke-9, Gusdurian Sidoarjo Gelar Khotmil Quran di GKI Krian

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gusdurian Sidoarjo menggelar Khotmil Al-Qur'an di Gereja Kristen Indonesia Krian, Minggu (6/1) sebagai pembuka dalam acara pra Haul Gusdur yang ke-9.

Acara yang dimulai dengan khataman al-qur'an dari pagi di GKI Krian dibaca oleh sahabat-sahabat Gusdurian Sidoarjo. Acara kemudian dilanjut dengan Halaqah Kebangsaan dengan tema "Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan", mendatangkan narasumber Pendeta Natanael.

Hadir dalam acara tersebut, Sigit Wirastanto dari GKI Krian dan Gus Aan Anshori dari Jaringan Islam Anti Diskriminasi (JIAD). Halaqah tersebut dimoderatori oleh Cahaya Purnama, salah satu penggerak Gusdurian Sidoarjo.

"Semoga rasa toleransi semakin mengakar dan cinta kasih di tanah air Indonesia khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Jangan jadikan agama sebagai tameng pembenaran dan pemicu permasalahan karena agama ada guna menciptakan perdamaian," harapnya.

Acara halaqah yang dihadiri oleh beberapa elemen lintas iman dan OKP dari Kecamatan Krian ini berlangsung meriah. Semuan jamaah yang hadir mendengarkan dan merefleksikan sejarah perjuangan Gus Dur dalam membela kaum tertindas.

Haedar Wahyu sebagai Penggerak Gusdurian Sidoarjo menyampaikan, Khotmil Qur'an di gereja ini menjadi simbol bahwa Al Quran mampu membawa pesan damai dan toleransi.

"Ini menjadi kekhawatiran kami karena selama ini Al Qur'an menjadi alasan untuk perang dan untuk membenci perbedaan," ucapnya.

Dalam halaqah kebangsaan ini, ia ingin merefleksikan pemikiran-pemikiran Gus Dur yang sangat relevan digunakan di zaman ini.

Acara puncak Haul Gus Dur yang ke-9 ini yakni pagelaran budaya dan tahlil kebangsaan yang akan dilaksanakan tanggal 6 Januari 2019, dimulai pukul 15.00 WIB bertempat di Klenteng Swie Bio. (cat/ian) 

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...