Minggu, 24 Maret 2019 23:06

Pra Haul Gus Dur ke-9, Gusdurian Sidoarjo Gelar Khotmil Quran di GKI Krian

Minggu, 06 Januari 2019 20:17 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Pra Haul Gus Dur ke-9, Gusdurian Sidoarjo Gelar Khotmil Quran di GKI Krian

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gusdurian Sidoarjo menggelar Khotmil Al-Qur'an di Gereja Kristen Indonesia Krian, Minggu (6/1) sebagai pembuka dalam acara pra Haul Gusdur yang ke-9.

Acara yang dimulai dengan khataman al-qur'an dari pagi di GKI Krian dibaca oleh sahabat-sahabat Gusdurian Sidoarjo. Acara kemudian dilanjut dengan Halaqah Kebangsaan dengan tema "Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan", mendatangkan narasumber Pendeta Natanael.

Hadir dalam acara tersebut, Sigit Wirastanto dari GKI Krian dan Gus Aan Anshori dari Jaringan Islam Anti Diskriminasi (JIAD). Halaqah tersebut dimoderatori oleh Cahaya Purnama, salah satu penggerak Gusdurian Sidoarjo.

"Semoga rasa toleransi semakin mengakar dan cinta kasih di tanah air Indonesia khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Jangan jadikan agama sebagai tameng pembenaran dan pemicu permasalahan karena agama ada guna menciptakan perdamaian," harapnya.

Acara halaqah yang dihadiri oleh beberapa elemen lintas iman dan OKP dari Kecamatan Krian ini berlangsung meriah. Semuan jamaah yang hadir mendengarkan dan merefleksikan sejarah perjuangan Gus Dur dalam membela kaum tertindas.

Haedar Wahyu sebagai Penggerak Gusdurian Sidoarjo menyampaikan, Khotmil Qur'an di gereja ini menjadi simbol bahwa Al Quran mampu membawa pesan damai dan toleransi.

"Ini menjadi kekhawatiran kami karena selama ini Al Qur'an menjadi alasan untuk perang dan untuk membenci perbedaan," ucapnya.

Dalam halaqah kebangsaan ini, ia ingin merefleksikan pemikiran-pemikiran Gus Dur yang sangat relevan digunakan di zaman ini.

Acara puncak Haul Gus Dur yang ke-9 ini yakni pagelaran budaya dan tahlil kebangsaan yang akan dilaksanakan tanggal 6 Januari 2019, dimulai pukul 15.00 WIB bertempat di Klenteng Swie Bio. (cat/ian) 

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...