Dinkes Siapkan 7 Pos untuk Pam Natal dan Tahun Baru

Dinkes Siapkan 7 Pos untuk Pam Natal dan Tahun Baru Pemeriksaan peralatan kesehatan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Siapkan 7 Pos untuk Pam Natal dan Tahun Baru

MOJOKERTO,BANGSAONLINE.Com - Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto menggelar apel siaga pos pam Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Selasa (18/12). Dalam pengamanan kali ini telah disiapkan sebanyak 63 personel masing-masing tersebar di tujuh pos Pam di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinkes Didik Kusnul Yakin usai kegiatan menyampaikan bahwa kesiapan untuk pengamanan kesehatan pihaknya sudah melakukan persiapan sejak hari ini. Rencananya pengamanan ini akan di gelar secara serentak pada tanggal 21 Desember 2018 nanti.

Secara teknis, Didik menambahkan, pola pengamanan di masing-masing pos akan disiapkan satu unit mobil ambulans dan sembilan petugas kesehatan. Di antaranya tiga orang dokter dan enam perawat yang siap membantu jika terjadi insiden kecelakaan.

“Ini merupakan bentuk dukungan kita dalam mengantisipasi keadaan darurat. Jadi kita siapkan sembilan personel dan itu terbagi dalam tiga shift,” terangnya.

Ditanya mengenai pola penanganan di daerah rawan seperti wilayah Gotean dan Sendi, Dinas Kesehatan akan menyiapkan puskesmas utama di wilayah Pacet yang didukung oleh pukesmas pendukung, yakni di wilayah Pandan, dan Gondang.

“Untuk pelaksanaannya akan kita tempatkan dua unit ambulans, yakni dari PMI dan milik relawan. Selain itu juga kita siapkan satu rumah sakit untuk rujukan yakni RS Sumber Glagah,” tambahnya.

Langkah antisipasi ini sengaja dilakukan agar nantinya dalam proses evakuasi akan jauh lebih mudah. Intinya kesiapan mengenai sarana dan prasarananya dilakukan penambahan dan diutamankan untuk daerah rawan. “Selain persiapan di masing-masing pos pam yang sifatnya mobile tersebut, petugas kita juga telah siaga selama 24 jam di 27 pukesmas di seluruh wilayah Mojokerto,” pungkasnya. (sof/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO