Kementerian Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan Nelayan Lamongan

Kementerian Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan Nelayan Lamongan Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo (hitam), foto bersama nelayan Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan RI terus mendorong para nelayan di Lamongan untuk meningkatkan taraf hidupnya, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan.

Kali ini, dalam kunjungan kerja di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Kranji, Kec Paciran, Lamongan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR RI memberikan berbagai bantuan permodalan kepada nelayan Lamongan mencapai miliaran rupiah.

Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo mengatakan, bantuan diberikan ke nelayan Lamongan, karena daerah ini prospek pembangunan perikanan dan kelautan sangat cerah, dan menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang strategis.

Apalagi Lamongan, kata Nilanto, punya pantai yang lumayan panjang hingga 47 km dan memiliki luas wilayah kurang lebih 1.812,8 km2 atau ±3.78% dari luas wilayah Provinsi Jawa Timur. Dan wilayah perairan laut seluas 902,4 km2, apabila dihitung 12 mil dari permukaan laut, jadi salah satu daya tarik pemerintah pusat untuk terus mendorong nelayan lebih sejahtera.

Dengan potensi yang begitu besar itulah, lanjutnya, Lamongan mendapat perhatian besar dalam rangka menggerakkan sektor kelautan dan perikanan.

"Pada tahun lalu, tercatat sudah dua kesempatan Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR-RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lamongan, tepatnya pada tanggal 31 Maret 2017 dan 30 November 2017," terangnya.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Lamongan. Sebagai bentuk perhatian terhadap pembangunan perikanan tangkap tersebut, berbagai program, kegiatan dan anggaran juga dikucurkan ke Kabupaten ini. Melalui bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan, bantuan premi asuransi bagi nelayan, fasilitasi sertifikasi hak atas tanah nelayan bekerja sama dengan BPN, fasilitasi permodalan, dan lain-lain.

"Bantuan-bantuan diberikan tersebut bukan hanya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan, tetapi bagaimana bantun multiplier effect kepada masyarakat sekitarnya yang mendapat manfaat berganda dengan keberadaan bantuan yang dapat meningkatkan kesejateraan, ekonomi dan taraf hidup nelayan," ujar sekretaris KKP ini.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV Viva Yoga Mauladi dalam sambutanya menyebutkan, kalau pihaknya di legislatif terus mendorong KKP untuk ikut bersama-sama memberikan dorongan agar kesejahteraan nelayan meningkat. "Berbagai bantuan ini cukup berarti bagi nelayan, agar mereka bisa lebih sejahtera. Hal yang baik ini harus terus dipertahankan," pungkasnya. (qom/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO