Warga Malang Butuh Ambulans Gratis? Cukup Panggil Lewat Aplikasi

Warga Malang Butuh Ambulans Gratis? Cukup Panggil Lewat Aplikasi Dr. dr. Asih Trirachmi N, M.M., Kepala Dinkes Kota Malang. foto: ist.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Layanan mobil ambulans yang ada di Dinas Kesehatan terus ditingkatkan. Tidak lama lagi, masyarakat Malang yang membutuhkan mobil ambulans secara gratis cukup mengakses lewat aplikasi Public Safety Center (PSC) 119.

Inovasi tersebut akan direalisasikan pada tahun 2019. Demikian disampaikan Dr. dr. Asih Trirachmi N, M.M., Kepala Dinas Kesehatan .

"Jika sebelumnya warga membutuhkan ambulans dengan cara menelepon, namun kini warga cukup dengan menggunakan aplikasi. Bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ibarat kata, nantinya bisa meniru pelayanan taksi online," ujar dr. Asih.

"Dalam aplikasi tersebut, akan dilengkapi layanan GPS (global positioning sistem), sehingga ambulans dapat segera datang menyesuaikan lokasi pemanggil serta jarak tempuh paling dekat," terangnya.

"Insya Allah layanan ambulans gratis segera direalisasikan pada 2019 mendatang. Tahap awal baru dua mobil ambulans yang digunakan, sementara dua mobil lainnya diterapkan pada tahun 2020. Saat ini sudah ada 3 unit mobil ambulans gratis PSC yang dioperasikan, dan satu lagi tambahan dimanfaatkan di akhir tahun 2018 ini. Tidak menutup kemungkinan, akan ada tambahan dari rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang menjalin kerja sama dengan Dinkes,” tandasnya.

Di penghujung penuturannya, dr. Asih berjanji terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan dan menambahi fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (iwa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO