Apresiasi Pameran yang Digelar Disperinaker, Wabup Bangkalan Ajak UMKM Maksimalkan Pemasaran

Apresiasi Pameran yang Digelar Disperinaker, Wabup Bangkalan Ajak UMKM Maksimalkan Pemasaran Wabup Bangkalan Moh. Mohni, saat mengunjungi salah satu stan kopiah hasil kerajinan tangan UMKM binaan Disperinaker Bangkalan. Kopiah ini terbuat dari bahan bekas gelas plastik. foto: FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pameran produk industri agro olahan makanan dan minuman serta Job Fair yang digelar oleh Disperinaker Bangkalan mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Drs. Mohni, M.M.

Mewakili Bupati Bangkalan, Mohni mengajak UMKM yang jadi peserta dalam pameran tersebut memanfaatkan kondisi geografis Kabupaten Bangkalan sebagai pintu masuk atau etalase Pulau Madura. Sebab, Bangkalan menjadi akses masuk wisatawan baik lokal atau mancanegara yang hendak datang ke pulau Madura.

"UMKM Bangkalan harus cepat menyikapi kesempatan, harus mampu dimanfaatkan maksimal dengan langkah stretegis berupa penguatan. UMKM harus memiliki produk yang spesifik berbasis kearifan lokal, meningkatkan kemampuan kelembagaan, memiliki kemitraan dalam rangka peningkatan kualitas produk dan SDM, serta meningkatkan soliditas kemitraan UMKM dengan pemerintah," ujar wabup di sela-sela menghadiri pameran tersebut, Jumat (30/11).

Ia menilai bahwa hasil produk mamin olahan oleh UMKM di Bangkalan sudah sangat baik, dari sisi packing ataupun kemasan. "Tinggal proaktif memasarkan dan mempromosikan ke online seperti di Bukalapak dan marketplace lainnya," ungkapnya.

"Apalagi, Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo telah membuka ruang seluas-luasnya untuk IKM di Bukalapak. Selain itu ke depan saya berharap agar para pelaku UMKM melengkapi izin dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI, agar bisa masuk ke pasar modern," pungkasnya.

Sekadar informasi, ada 60 UMKM binaan Disperinaker yang mengikuti pameran kali ini. Mereka memamerkan aneka produk agro olahan, seperti kripik singkong, jagung, olahan buah-buahan khas kabupaten Bangkalan. Serta produk olahan makanan dari hasil laut yang ada di sepanjang pinggir garis pantai Bangkalan.

Sedangkan untuk kegiatan job fair (bursa kerja), diikuti oleh beberapa perusahaan di Kabupaten Bangkalan. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO