Jumat, 17 Januari 2020 22:53

Berdalih Bisa Tarik Emas Gaib, Waria Tipu Ibu Rumah Tangga di Jombang

Jumat, 23 November 2018 13:47 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Rony Suhartomo
Berdalih Bisa Tarik Emas Gaib, Waria Tipu Ibu Rumah Tangga di Jombang
Tersangka diamankan di Mapolres Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Rosa alias Sutrisno (35) kembali meringkuk di tahanan setelah menipu seorang ibu rumah tangga di Jombang. Waria asal Desa Krecek, Pare, Kediri, ini menipu korban menggunakan kedok sebagai dukun yang mampu menarik emas secara gaib di rumah korban.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi mengatakan, Sutrisno diringkus di SPBU Tambakberas, Jalan Wahab Hasbullah, Desa Tambakrejo, Jombang Kota, Rabu (21/11) sekitar pukul 18.30 WIB.

"Tersangka kami tangkap karena telah melakukan penipuan dengan modus sebagai dukun yang mampu mengambil emas secara gaib," kata Gatot, Jumat (23/11).

Gatot menjelaskan, korban penipuan ini adalah Siti Kalimah (35), warga Desa Mojongapit, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Selama ini Siti mengenal pelaku sebagai tukang pijat langganannya.

Setiap kali memijat, tersangka bercerita tentang kemampuannya menarik emas yang tersimpan di rumah korban. Emas seberat 200 gram itu masih dikuasai oleh makhluk gaib. Sehingga diperlukan ritual untuk mengeluarkannya.

"Dari pembicaraan itu, korban terpengaruh omongan tersangka," ungkap Gatot.

Pada Minggu (18/11) sekitar pukul 08.00 WIB, Sutrisno pun kembali datang ke rumah Kalimah. Waria asal Kediri ini hendak menggelar ritual untuk menarik emas dari rumah korban. "Tersangka bilang ke korban ritual itu supaya berhasil ada syaratnya, yaitu korban diminta menyerahkan semua perhiasan emas dan ponselnya," terang Gatot.

Tergiur dengan rayuan Sutrisno, Kalimah pun menyerahkan kalung emas dan liontin seberat 9 gram, cincin 1 gram, giwang 1 gram, serta ponsel pintar miliknya. Di hari yang sama, tersangka mengajak korban ke pasar untuk membeli kembang sebagai pelengkap ritual. "Sampai di pasar, korban ditelantarkan oleh tersangka. Perhiasan emas dan ponsel korban dibawa kabur," jelasnya.

Akibat perbuatan Sutrisno, Kalimah menderita kerugian sekitar Rp 10 juta. Ibu rumah tangga itu pun melapor ke Polres Jombang. Dari penangkapan tersangka, polisi menyita barang bukti uang sisa hasil penjualan perhiasan korban Rp 4,3 juta, serta ponsel milik korban. Usut punya usut, rupanya Sutrisno tak sekali ini menjalankan aksinya. Waria yang satu ini residivis dalam kasus serupa tahun 2011.

"Tersangka pernah dihukum selama 6 bulan dalam perkara yang sama. Saat itu dia ditangkap oleh Polsek Jombang Kota," tandas Gatot. (ony/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Rabu, 15 Januari 2020 12:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...