Selasa, 11 Desember 2018 01:53

Puting Beliung di Tulangan Rusak Puluhan Rumah, Poresta Sidoarjo Terjunkan Puluhan Personel

Selasa, 20 November 2018 01:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Puting Beliung di Tulangan Rusak Puluhan Rumah, Poresta Sidoarjo Terjunkan Puluhan Personel

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Angin puting beliung yang terjadi di Senin (19/11) sore benar-benar meluluh-lantakkan sebagian Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Sebanyak 70 lebih rumah di Desa Kajeksan RT 3 RW 1 rusak dihantam angin puting beliung. Angin yang bertiup tidak lebih dari 5 menit tersebut juga menyapu empat Desa lain di Kecamatan Tulangan.

Menurut keterangan dari Kepala Desa Kajeksan Lilik Sufiyati, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Menurutnya, hasil hitungan sementara, ada lebih dari 70 rumah warga terimbas angin tersebut.

"Kebetulan warga saya menjadi korban terbanyak pasca terjadi angin puting beliung. Hasil perhitungan sementara, ada 70 lebih rumah warga," terangnya saat di lokasi, Senin (19/11).

Pasca kejadian ini, pihaknya berjanji bakal megupayakan bantuan untuk warga kepada pihak Pemkab Sidoarjo. "Saat ini kami sedang lakukan inventarisir terkait kerusakan pasca kejadian angin puting beliuang ini. Bentuk sumbangan nantinya tergantung bentuk kerusakannya. Apakah dalam kategori rusak berat, sedang atau ringan," tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Camat Tulangan Abdul Wahib menyatakan, kejadian seperti ini baru terjadi di wilayah yang dipimpinnya. Pihaknya berharap, pemerintah kabupaten Sidoarjo dengan cepat dan tanggap untuk membantu para korban agar usai pihaknya melakukan inventarisir terkait jumlah data korban.

"Saya harap Pemkab cepat dan tanggap dalam memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang rumahnya rusak terkena angin puting beliung," beber Wahib.

Di sisi lain, Kapolresta Sidoarjo usai melakukan pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo langsung melakukan kunjungan ke salah satu rumah warga di Desa Kejaksen. Di sana, Kapolresta beserta jajaran dan dibantu 60 personil gabungan Polresta Sidoarjo mendapati rumah yang pada bagian depan roboh. Atapnya pun sebagian ikut terangkat dan terbang.

Tidak hanya itu, bantuan tenaga juga diberikan. Personil Sat Sabhara Polresta nampak bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah warga yang terimbas.

Sejumlah makanan instan juga diberikan. Upaya ini untuk membantu sementara para korban yang membutuhkan. "Untuk sementara, bantuan berupa mie instan dan sembako kami berikan. Bantuan selanjutnya akan kami salurkan lewat perangkat Desa," terang alumni sekolah Akpol tahun 1997 tersebut.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga Sidoarjo agar selalu berhati-hati dan waspada. 

Dari informasi yang dihimpun, sebelum datangnya angin puting beliung, air hujan jatuh di 5 Desa di Kecamatan Tulangan, di antaranya Desa Kajeksan, Desa Singopadu, Desa Kemantren, Telaseh, dan Punten. 

Hasil pantauan, dalam peristiwa tersebut, mayoritas angin merusak atap rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tidak hanya 5 Desa di Tulangan, angin puting beliung juga berhembus pada Kecamatan lain di Kabupaten Sidoarjo. Tepatnya di Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo. (cat/rev)

Jumat, 07 Desember 2018 13:40 WIB
Oleh: Muchammad Toha*Terlalu pagi saya mendarat di Bandara Hang Nadim, karena untuk sampai di Batam tanpa transit di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta dapatnya pesawat pagi. Maka, cukup alasan hotel untuk tidak memberikan kamar pada saya. Bah...
Senin, 03 Desember 2018 14:30 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba wak...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...