Rabu, 19 Februari 2020 10:12

Puting Beliung di Tulangan Rusak Puluhan Rumah, Poresta Sidoarjo Terjunkan Puluhan Personel

Selasa, 20 November 2018 01:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Puting Beliung di Tulangan Rusak Puluhan Rumah, Poresta Sidoarjo Terjunkan Puluhan Personel

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Angin puting beliung yang terjadi di Senin (19/11) sore benar-benar meluluh-lantakkan sebagian Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Sebanyak 70 lebih rumah di Desa Kajeksan RT 3 RW 1 rusak dihantam angin puting beliung. Angin yang bertiup tidak lebih dari 5 menit tersebut juga menyapu empat Desa lain di Kecamatan Tulangan.

Menurut keterangan dari Kepala Desa Kajeksan Lilik Sufiyati, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Menurutnya, hasil hitungan sementara, ada lebih dari 70 rumah warga terimbas angin tersebut.

"Kebetulan warga saya menjadi korban terbanyak pasca terjadi angin puting beliung. Hasil perhitungan sementara, ada 70 lebih rumah warga," terangnya saat di lokasi, Senin (19/11).

Pasca kejadian ini, pihaknya berjanji bakal megupayakan bantuan untuk warga kepada pihak Pemkab Sidoarjo. "Saat ini kami sedang lakukan inventarisir terkait kerusakan pasca kejadian angin puting beliuang ini. Bentuk sumbangan nantinya tergantung bentuk kerusakannya. Apakah dalam kategori rusak berat, sedang atau ringan," tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Camat Tulangan Abdul Wahib menyatakan, kejadian seperti ini baru terjadi di wilayah yang dipimpinnya. Pihaknya berharap, pemerintah kabupaten Sidoarjo dengan cepat dan tanggap untuk membantu para korban agar usai pihaknya melakukan inventarisir terkait jumlah data korban.

"Saya harap Pemkab cepat dan tanggap dalam memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang rumahnya rusak terkena angin puting beliung," beber Wahib.

Di sisi lain, Kapolresta Sidoarjo usai melakukan pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo langsung melakukan kunjungan ke salah satu rumah warga di Desa Kejaksen. Di sana, Kapolresta beserta jajaran dan dibantu 60 personil gabungan Polresta Sidoarjo mendapati rumah yang pada bagian depan roboh. Atapnya pun sebagian ikut terangkat dan terbang.

Tidak hanya itu, bantuan tenaga juga diberikan. Personil Sat Sabhara Polresta nampak bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah warga yang terimbas.

Sejumlah makanan instan juga diberikan. Upaya ini untuk membantu sementara para korban yang membutuhkan. "Untuk sementara, bantuan berupa mie instan dan sembako kami berikan. Bantuan selanjutnya akan kami salurkan lewat perangkat Desa," terang alumni sekolah Akpol tahun 1997 tersebut.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga Sidoarjo agar selalu berhati-hati dan waspada. 

Dari informasi yang dihimpun, sebelum datangnya angin puting beliung, air hujan jatuh di 5 Desa di Kecamatan Tulangan, di antaranya Desa Kajeksan, Desa Singopadu, Desa Kemantren, Telaseh, dan Punten. 

Hasil pantauan, dalam peristiwa tersebut, mayoritas angin merusak atap rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tidak hanya 5 Desa di Tulangan, angin puting beliung juga berhembus pada Kecamatan lain di Kabupaten Sidoarjo. Tepatnya di Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...