Terjang Dua Desa, Puting Beliung Obrak-abrik Puluhan Rumah di Tulangan Sidoarjo

Terjang Dua Desa, Puting Beliung Obrak-abrik Puluhan Rumah di Tulangan Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Angin puting beliung menerjang dua desa yakni, Desa Kepunten dan Desa Kajeksan di Kecamatan Tulangan, Senin (19/11) sore. Dari data yang dihimpun, puluhan rumah milik warga rusak parah.

Kepala Desa Kepunten, Tulangan, Bambang Supriyadi menjelaskan, awalnya tidak ada tanda-tanda puting beliung. Warga beraktivitas seperti biasa. Lantaran hari beranjak gelap, mayoritas penduduk mulai masuk ke dalam rumah.

"Pukul 14.30 WIB, hujan mulai turun. Intensitasnya bertambah lebat. Guyuran hujan itu disertai angin kencang. Semakin lama, hempasan angin semakin kencang. Tiba-tiba brakk, genting rumah warga hilang," tuturnya.

Hempasan angin kencang itu tidak lama. Berkisar lima menit. Setelah itu, angin kembali normal. Yang tersisa guyuran hujan. Meski hanya beberapa menit, namun dampaknya sangat besar.

Bambang menjelaskan, dari pendataan sementara, ada dua dusun yang terdampak. Yaitu, Dusun Kepunten. Ada tiga rumah yang rusak. Lokasi paling parah di Dusun Malangbong. Kurang lebih 20 rumah warga terdampak. 

"Mayoritas genting bangunan hilang. Kami belum menemukan bangunan ambruk," jlentrehnya.

Tidak hanya rumah, lingkungan dua desa itu juga porak-poranda. Puluhan pohon di tepi jalan tumbang. Kabel listrik putus tak kuasa menahan kencangnya angin.

Bambang menjelaskan, saat ini desa masih melakukan pendataan. Petugas desa dibantu warga melihat kerusakan. Data itu nantinya akan disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO