PCNU Tuban Bantu Korban Bencana Palu yang Tinggal di Plumpang

PCNU Tuban Bantu Korban Bencana Palu yang Tinggal di Plumpang Pengurus PCNU dan Lazisnu Tuban saat menyerahkan bantuan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Tuban memberikan bantuan kepada korban bencana Gempa dan Tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (7/11). Korban yang mendapat bantuan adalah mereka yang saat ini berada di Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Pengurus LAZISNU Tuban, Ida Musthofa mengatakan, bantuan yang diserahkan kali ini berupa Sembako senilai Rp 250 ribu, uang tunai Rp 100 ribu dan pakaian layak pakai. Ada sebanyak 38 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan. Saat ini mereka masih mengungsi di rumah family-nya yang ada di Kabupaten Tuban.

Sesuai pendataan tim, total ada 104 Jiwa korban bencana Sulteng yang mengungsi di Desa Magersari. "Di kecamatan lain, seperti di Kecamatan Widang yang kabarnya juga ada banyak. Untuk saat ini masih kita data dan validasi," ujar Mustofa.

Ia berharap, bantuan ini dapat meringankan beban hidup para korban bencana. "Kepedulian Banom dan Lembaga dari NU bukan tanpa alasan, selain masih ada hubungan kekeluargaan dengan warga di wilayah Kecamatan Plumpang, para korban bencana ini bisa sampai ke Bumi Wali Tuban hanya membawa seutas pakaian yang melekat di badan, begitu juga anak-anak mereka," paparnya.

Tidak hanya itu, selama ini sebanyak 9 anak-anak korban bencana Sulteng juga telah mendapatkan pendidikan di lembaga MI Al-Hikmah Desa Magersari. "Kami juga bersama-sana memberikan bantuan trauma healing pada anak-anak korban agar psikologisnya kembali pulih," terangnya.

Adapun penyerahan bantuan secara langsung ini dilakukan di kantor balai desa Magersari. Selain dihadiri pengurus PCNU dan LAZISNU, acara ini dihadiri Muspika setempat, PAC Muslimat, PAC Fatayat, serta BAZNAS Kabupaten Tuban. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO