Rakerda Dekopinda Kab. Mojokerto Tahun 2018: Upayakan Target Koperasi Aktif 90%

Rakerda Dekopinda Kab. Mojokerto Tahun 2018: Upayakan Target Koperasi Aktif 90% Wabup Pungkasiadi ketika berbicara di hadapan peserta raker.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, berterima kasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto yang dinilai telah mengupayakan target koperasi aktif sebesar 90% dan sertifikasi pengelola sebesar 70%. Hal ini disampaikan dalam acara Rapat Kerja Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Mojokerto Tahun 2018, Selasa (6/11).

"Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mojokerto, selama dua tahun ini telah mengupayakan target koperasi aktif sebesar 90% dan sertifikasi pengelola sebesar 70%," kata Wabup.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Mojokerto, tercatat 933 koperasi di mana 159 di antaranya tidak aktif dan dalam tahap pembubaran oleh pusat. Sementara dari 744 koperasi yang benar-benar aktif melaksanakan rapat anggota tahunan hanya 50%.

Adapun rincian jumlah koperasi simpan pinjam dan yang mempunyai unit simpan pinjam sejumlah 613, pada tahun 2018 masih sekitar 46% atau 287 koperasi yang pengelolaannya bersertifikat. Dengan kata lain, koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam belum sepenuhnya dikelola berdasarkan prinsip-prinsip manajemen keungan koperasi.

Semakin berkembangnya dinamika perekonomian, maka membawa pengaruh yang sangat besar terhadap persaingan usaha atau bisnis di antara para pelaku ekonomi. Dampak paling terasa adalah kemajuan usaha bidang perkoperasian.

Kondisi ini tidak lain sebagai akibat peluang keterbukaan pasar bebas yang terlalu kelewat bebas. Sementara koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi sesuai konstitusi UUD 1945 dan satu-satunya yang berasas kekeluargaan, masih belum mampu dan belum siap berkompetisi dengan pelaku ekonomi swasta dan BUMN.

Beberapa kelemahan antara lain akses modal, SDM, manajemen pengelolaan dan kemampuan memanfaatkan sarana prasarana teknologi.

“Seiring dengan tantangan di depan mata, Dekopinda harus siap menjadi wadah memperjuangkan kepentingan dan bertindak sebagai pembawa aspirasi koperasi,” tambah wabup. (adv)

(Wabup Pungkasiadi ketika menyalami peserta raker)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO