Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Tuban Ciptakan Mama Latihan dan Mama Mahir

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Tuban Ciptakan Mama Latihan dan Mama Mahir

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban melaksanakan jemput bola dengan melaksanakan pelayanan Massal Mandiri Akta Kelahiran dan Akta Kematian (Mama Latihan) dan Massal Mandiri, Akta Kematian dan Lahir (Mama Mahir) di luar jam kerja kedinasan.

Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil Tuban, Anita Cetrawati kepada BANGSAONLINE.com, Senin (5/11) mengatakan, inovasi Mama Latihan dan Mama Mahir sudah terlaksana di beberapa desa termasuk di Kesamben, Kecamatan Plumpang. Masyarakat tidak dibebani biaya sepersen pun untuk mengikuti program ini. Hasilnya cukup efektif. Hal ini terlihat dari banyaknya pemohon yang berbondong-bondong mengurus adminduk.

"Pelayanan terbukti, metode turun ke bawah cukup efektif jika dari berkas data permohonan lengkap, akan dilakukan percetakan yang bertempat di kecamatan dan desa tersebut," ujarnya.

Ia menyatakan, bahwa pelayanan mama mahir pernah dilakukan juga di Kecamatan Bancar. Hasilnya ada sekitar 230 berkas permohonan. Sedangkan, pada Minggu (4/11) bertempat di Desa Kesamben, Plumpang, ada sekitar 164 berkas masuk untuk kepengurusan akte lahir dan kematian.

"Alhamdulillah dengan program inovasi mama latihan dan mama mahir banyak warga yang antusias mengikutinya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Tuban, Agus Priyono menyatakan, iovasi optimis pelayanan ini dapat mempercepat perbaikan Adminduk di masyarakat.

Menurut Agus, inovasi percepatan Adminduk sebagai sarana penunjang agar warga masyarakat lebih efisien dalam mengurus data kependudukanya. Ke depan, pihaknya (dinas) memberikan alternatif bagi pemdes dan kecamatan mengajukan surat permohonan pembuatan dokumen massal.

"Kita pasti siap. Petugas layanan kami akan mengagendakan penjadwalan pelaksanaannya. Tapi, diberitahukan juga pelayanan mama lahir dan mama latihan di tempat digratiskan untuk warga," tutupnya. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO