Selasa, 18 Februari 2020 04:22

NasDem Partai yang Paling Banyak Akomodir Caleg dari Jurnalis

Jumat, 02 November 2018 23:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
NasDem Partai yang Paling Banyak Akomodir Caleg dari Jurnalis
Sudarsono (Ketua DPD NasDem Surabaya), Ainul Yaqin (Bappilu NasDem Jatim), Sri Sajekti Sudjunadi (Ketua DPW NasDem Jatim) saat audiensi dengan wartawan. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komposisi Caleg Partai NasDem di Jawa Timur terdiri dari berbagai latar belakang, termasuk mereka yang sudah dikenal sebagai politikus kawakan maupun jurnalis. NasDem berharap kelak Anggota Fraksi Partai NasDem terpilih nanti bisa bersikap kritis dan vokal dalam menyuarakan aspirasi rakyat yang notabene adalah konstituen mereka. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur, Sri Sajekti Sudjunadi.

Menurut perempuan yang akrab disapa Jeanette itu, anggota dewan dari fraksi NasDem memang adalah kepanjangan tangan partai. Tetapi mereka juga adalah wakil rakyat yang bertanggungjawab pada konstituen di daerah pemilihan.

"Kita bisa lihat mereka (anggota dewan) vokal dan kritis itu dari pemberitaan di media. Mereka menyuarakan aspirasi rakyat atau duduk dan diam saja. Ini salah satu parameter," tutur salah satu deklarator Partai NasDem itu, di kantor DPD Partai NasDem Kota Surabaya, Jumat (2/11).

Jeanette mengungkapkan, Partai NasDem berharap semua pihak bisa ikut mengawasi kinerja anggota Fraksi Partai NasDem, termasuk media atau pers. Sebab pers adalah salah satu pilar demokrasi selain legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Karena itu, NasDem membuka diri kepada pers.

Menurut orang dekat Surya Paloh ini, NasDem adalah partai yang paling banyak mengakomodir caleg dari unsur pers. Mereka tak hanya berasal dari Media Group milik Surya Paloh, tetapi media lain di luar Media Group. Di Jawa Timur saja ada Indra Maulana (DPR RI Dapil 1), Rahma Sarita (DPR RI Dapil 2), Charles Melkiansyah dan Lathifa Al Ansori yang sama-sama maju sebagai caleg DPR RI Dapil 4. Sedangkan untuk Caleg DPRD Kota Surabaya ada Imam Syafi'i. Direktur Pemberitaan JTV itu maju dari Dapil Surabaya 1.

"NasDem ini partai yang paling banyak mengakomodir jurnalis. Karena jurnalis adalah bagian dari pilar demokrasi. Saya kira tepat mereka memilih NasDem yang komitmen dengan politik tanpa mahar," papar Janet.

Sementara itu, Sudarsono Ketua DPD Partai NasDem Kota Surabaya menjelaskan kedatangan Sri Sajekti Sudjunadi adalah bagian dari konsolidasi internal NasDem pasca ditunjuk DPP memimpin DPW Partai NasDem Jatim.

Dirinya sebagai Ketua NasDem Kota Surabaya mengaku mendapat target 10 kursi untuk DPRD Kota Surabaya. Karena itu, pihaknya terus membangun instrumen pemenangan pemilu, seperti Komisi Saksi NasDem (KSN). Untuk Surabaya, NasDem sudah menyiapkan lebih dari 8.200 saksi.

"Kita menargetkan mendapat kursi dari 5 dapil di Surabaya. Dapil 1 dan 2 diharapkan menyumbang lebih dari 1 kursi. Sebab banyak caleg populer dan berkualitas kita tempatkan di dapil tersebut," urai Caleg DPRD Jatim dapil Kota Surabaya ini. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...