NasDem Partai yang Paling Banyak Akomodir Caleg dari Jurnalis

NasDem Partai yang Paling Banyak Akomodir Caleg dari Jurnalis Sudarsono (Ketua DPD NasDem Surabaya), Ainul Yaqin (Bappilu NasDem Jatim), Sri Sajekti Sudjunadi (Ketua DPW NasDem Jatim) saat audiensi dengan wartawan. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komposisi Caleg Partai di Jawa Timur terdiri dari berbagai latar belakang, termasuk mereka yang sudah dikenal sebagai politikus kawakan maupun jurnalis. berharap kelak Anggota Fraksi Partai terpilih nanti bisa bersikap kritis dan vokal dalam menyuarakan aspirasi rakyat yang notabene adalah konstituen mereka. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua DPW Partai Jawa Timur, Sri Sajekti Sudjunadi.

Menurut perempuan yang akrab disapa Jeanette itu, anggota dewan dari fraksi memang adalah kepanjangan tangan partai. Tetapi mereka juga adalah wakil rakyat yang bertanggungjawab pada konstituen di daerah pemilihan.

"Kita bisa lihat mereka (anggota dewan) vokal dan kritis itu dari pemberitaan di media. Mereka menyuarakan aspirasi rakyat atau duduk dan diam saja. Ini salah satu parameter," tutur salah satu deklarator Partai itu, di kantor DPD Partai Kota Surabaya, Jumat (2/11).

Jeanette mengungkapkan, Partai berharap semua pihak bisa ikut mengawasi kinerja anggota Fraksi Partai , termasuk media atau pers. Sebab pers adalah salah satu pilar demokrasi selain legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Karena itu, membuka diri kepada pers.

Menurut orang dekat Surya Paloh ini, adalah partai yang paling banyak mengakomodir caleg dari unsur pers. Mereka tak hanya berasal dari Media Group milik Surya Paloh, tetapi media lain di luar Media Group. Di Jawa Timur saja ada Indra Maulana (DPR RI Dapil 1), Rahma Sarita (DPR RI Dapil 2), Charles Melkiansyah dan Lathifa Al Ansori yang sama-sama maju sebagai caleg DPR RI Dapil 4. Sedangkan untuk Caleg DPRD Kota Surabaya ada Imam Syafi'i. Direktur Pemberitaan JTV itu maju dari Dapil Surabaya 1.

" ini partai yang paling banyak mengakomodir jurnalis. Karena jurnalis adalah bagian dari pilar demokrasi. Saya kira tepat mereka memilih yang komitmen dengan politik tanpa mahar," papar Janet.

Sementara itu, Sudarsono Ketua DPD Partai Kota Surabaya menjelaskan kedatangan Sri Sajekti Sudjunadi adalah bagian dari konsolidasi internal pasca ditunjuk DPP memimpin DPW Partai Jatim.

Dirinya sebagai Ketua Kota Surabaya mengaku mendapat target 10 kursi untuk DPRD Kota Surabaya. Karena itu, pihaknya terus membangun instrumen pemenangan pemilu, seperti Komisi Saksi (KSN). Untuk Surabaya, sudah menyiapkan lebih dari 8.200 saksi.

"Kita menargetkan mendapat kursi dari 5 dapil di Surabaya. Dapil 1 dan 2 diharapkan menyumbang lebih dari 1 kursi. Sebab banyak caleg populer dan berkualitas kita tempatkan di dapil tersebut," urai Caleg DPRD Jatim dapil Kota Surabaya ini. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO