Senin, 09 Desember 2019 14:27

Ratusan Pelajar SMA di Bojonegoro Ikuti Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Kamis, 01 November 2018 12:51 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Eky Nurhadi
Ratusan Pelajar SMA di Bojonegoro Ikuti Pelatihan Karya Tulis Ilmiah
Suasana pelatihan karya tulis ilmiah.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.Com - Sebagai upaya menumbuhkan kreativitas dan minat siswa-siswi di Kabupaten Bojonegoro dalam bidang literasi, Universitas Bojonegoro bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggelar pelatihan karya tulis ilmiah.

Menurut Kasi SMA/SMK PKLK Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Kusnadi, pelatihan tersebut dinilai sangat positif dalam menumbuhkan kreativitas dan minat siswa dalam bidang literasi.

“Saya harapkan para siswa-siswi yang mengikuti pelatihan bersungguh-sungguh, karena tidak semua siswa di Bojonegoro mendapat kesempatan ini,” ujarnya di hadapan para siswa usai pembukaan pelatihan yang digelar di Gedung Mayor Sogo, Universitas Bojonegoro, Rabu (31/10).

Sementara itu, Husna Widhi Hastuti yang menjadi perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited juga mengharapkan agar nantinya para siswa dapat memaksimalkan Program Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan Media Kreatif ini dan dapat mengimplementasikannya di sekolah.

“Program yang ada ini merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat di bidang pendidikan yang dilakukan oleh ExxonMobil, dengan harapan dapat meningkatkan minat literasi siswa di era digital,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan Media Kreatif tahun ini, total ada 162 siswa SMA/sederajat dari 17 lembaga sekolah yang ada di Bojonegoro menjadi peserta pelatihan.

Pelatihan sendiri sudah dimulai pada 29 Oktober lalu dan akan berakhir pada tanggal 2 November 2018. Selanjutnya akan dilakukan pendampingan bagi para siswa dalam mengembangkan dan mempraktikkan ilmu yang telah didapat.

Project Manager LPPM Unigoro, Arief Januwarso menjelaskan, setelah para siswa mengikuti pelatihan akan ada mentoring yang dilakukan satu bulan setelahnya. Hal ini dikarenakan nantinya karya dari para siswa yang dibagi menjadi 54 tim, akan dilombakan dan dipamerkan di Pasar Gagasan.

“Selama mengikuti pelatihan, para siswa kita berikan pembekalan tentang pembuatan karya tulis ilmiah, pelatihan pembuatan infografis dan vidiografis yang akan menunjang publikasi hasil karya tulis ilmiah tersebut agar lebih menarik dan mudah dipahami. Setelah ini, kita akan lakukan pendampingan lebih lanjut karena karya mereka nanti akan dilombakan dan pamerkan,” ungkap ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro tersebut.

Ia menambahkan, seluruh kegiatan yang dilakukan LPPM Unigoro bersama ExxonMobil Cepu Limited tersebut tujuan utamanya yakni dapat mengembangkan literasi siswa di era digital, dan bekal untuk menghadapi tren revolusi industri 4.0. (nur/rd)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...