Bersama Pelajar di Tuban, EMCL Tanam 2.300 Pohon di Pantai

Bersama Pelajar di Tuban, EMCL Tanam 2.300 Pohon di Pantai

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT ExxonMobil Cepu Limited () bekerja sama dengan Yayasan eL-SAL Indonesia mengajak para pelajar di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban melaksanakan gerakan menanam pohon di pesisir pantai utara, khususnya di Desa Karangagung dan Desa Leran Kulon, Rabu (31/10).

Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Pemkab Tuban, Kodim Tuban, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Perairan, Kemenag Tuban, Camat Palang, Polsek Palang, Koramil Palang, UPTD Pendidikan Palang, Unsur Pemerintah Desa Karangagung, Lerankulon dan Glodog, Unsur Perusahaan ExxonMobil Cepu Limited, Unsur NGO/Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Tuban, Unsur Masyarakat Desa Karangagung, Unsur Masyarakat Desa Leran Kulon dan Unsur pelajar di Wilayah Kecamatan Palang, dengan Jumlah lebih dari 250 orang.

Ketua umum Yayasan eL-SAL Indonesia, Ahmad Shohib mengatakan, tujuan utama program penghijauan wilayah pesisir untuk memperbaiki ekosistem pantai. Diharapkan, hasilnya dapat meningkatkan jumlah lahan reboisasi pantai yang ada di pesisir Tuban, khususnya di Desa Karangagung dan Leran Kulon Kecamatan Palang. Selain itu, hasil yang diharapkan juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

"Kami menggandeng para pelajar karena untuk mengembangkan semangat kerelawanan di kalangan pelajar. Sehingga, melalui program ini kita juga melaksanakan kegiatan pengembangan sekolah Adiwiyata. Selain itu, dapat memberikan edukasi kepada siswa-siswi tentang pentingnya kelestarian lingkungan hidup," beber Shohib.

Kata dia, ada 7 (tujuh) lembaga pendidikan yang diberikan dampingan dalam pengembangan sekolah Adiwiyata. Yakni, SMKN Palang, SMK NU Palang, SMA Muhammadiyah 2 Palang, MA Al Mustofawiyah Palang, SMPN 1 Palang, MTs Muhammadiyah 1 Palang, dan MTs Al Mustofawiyah Palang. Setelah acara seremonial penanaman di Lingkungan SMKN Palang, siswa/siswi dimobilisasi ke lokasi penanaman mangrove dan cemara laut di Pantai Desa Karangagung dan Lerankulon.

"Ada 7 lembaga pendidikan yang kami libatkan dalam program ini," paparnya.

Perwakilan , Ichwan Arifin menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu tugas yang membantu pemerintah dengan memastikan ketersediaan minyak nasional. Kegiatan penghijauan bentuk kepedulian terhadap lingkungan, khususnya di wilayah pesisir pantai Tuban.

“Untuk diketahui bersama, bahwa dalam program ini kita akan melaksanakan penaman 2.300 pohon berupa pohon mangrove dan Cemara Laut,” imbuh Ichwan

Terpisah, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban, Kartono, berterima kasih kepada SKK Migas, , dan eL-SAL karena telah peduli terhadap lingkungan di Kabupaten Tuban, khususnya di wilayah pesisir.

“Saya terenyuh, melihat aksi teatrikal yang dibawakan oleh duta lingkungan SMKN Palang saat menyampaikan orasi lingkungan, karena kalau kita hanya mendengarkan orasi secara lisan, maka kita akan menanggapinya dengan biasa. Namun, melihat gerakan-gerakan yang diperankan oleh anak-anak ini, kita semua akan memahami bagaimana pentingnya untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita ini," bebernya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO