Rangkaian Kontes Ternak dan Panen Pedet Jatim 2018 Resmi Dibuka

Rangkaian Kontes Ternak dan Panen Pedet Jatim 2018 Resmi Dibuka Bupati Sidoarjo bersama Dirjen PKH didampingi Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim saat membuka Pameran bertajuk ekspo produk dan Alsintan peternakan dalam rangka Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur tahun 2018.

SIDOARJO, BANGSAONLNE.com - Pameran bertajuk expo produk dan Alsintan (alat mesin pertanian) peternakan dalam rangka Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur tahun 2018 resmi dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Pasar Induk Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo, Sabtu (27/10).

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Dirjen PKH karena Sidoarjo ditempatkan sebagai kontes ternak sapi dan pedet,” kata Saiful Ilah saat membuka pameran tersebut.

Ekspo menampilkan hasil sarana dan prasarana peternakan di Jatim. Dengan ekspo diharapakan dapat meningkatkan dan memperbaiki mutu produk peternakan dengan baik. Untuk kontes ternak, Bupati berharap dapat memotivasi peternak yang lainnya supaya beternak lebih semangat.

“Panen pedet merupakan bukti panen rakyat dari hasil Inseminasi Buatan (IB). Dan kawin suntik masal merupakan tindak lanjut dari IB yang dilakukan di Kabupaten Sidoarjo,”papar Bupati.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) I Ketut Diarmita mengatakan, kontes ternak bertujuan untuk memberikan rangsangan terhadap peternak-peternak untuk memelihara ternak lebih baik lagi.

“Kami siapkan 79 ekor sapi untuk juara 1-5,” ujar dia.

(Bupati Sidoarjo bersama Dirjen PKH didampingi Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim saat membuka Pameran bertajuk expo produk dan Alsintan peternakan dalam rangka Kontes Ternak dan Panen Pedet Jawa Timur tahun 2018)

Ketika ditanya mengapa memilih Jawa Timur dalam kontes nasional, Jatim dinilai merupakan gudang ternak di Indonesia. Sekitar 55 sampai 60 persen sapi ada di Jatim.

“Nah, ketika Jatim ini goyang ternaknya, kami akan goyang semua. Jadi Jatim harus berikan rangsangan yang kuat,”ungkap dia.

Dia menilai, karakter peternak, inseminator dan kepala dinas di Jatim sangat bersemangat. Diharapkan kesuksesan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) mencapai 96 persen sudah oke, namun dapat dicapai 125 persen. Luar biasa.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO