Pasuruan Kirim 6 Duta Peternak di Ajang Kontes Ternak Jatim

Pasuruan Kirim 6 Duta Peternak di Ajang Kontes Ternak Jatim

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mendukung produktivitas ternak yang berkualitas serta mendorong peternak di Jawa Timur lebih bersemangat, Pemprov Jatim menggelar lomba kontes ternak 1.000 ekor pedet (anak sapi).

Kontes pedet itu akan berlangsung selama tiga hari di Puspa Agro. Event bergengsi yang setaiap dua tahun diselenggarakan itu rencananya diikuti 38 Kab/Kota se-Jatim.

Menurut keterangan Kabid Produksi Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten , Ari Widodo, dalam event kontes ternak yang diselenggarakan Disnak Pemprov Jatim, Kabupaten akan mengirim 6 perwakilan peternak.

"Peserta yang kita kirim yakni asal Nguling 1 peternak sapi lokal, Tutur 1 peternak sapi perah, Prigen 2 orang sapi campuran, Purwosari 2orang peternak sapi campuran," jelasnya saat dikonfirmasi Bangsaonline.com.

Ia menambahkan, kontes pedet secara umum bertujuan untuk meningkatkan produksivitas/kelahiran pedet yang turunannya bagus. Mulai dari sisi berat badan/bobot, serta kesehatan/perawatan. Sedangkan untuk kontes sapi perah yang dinilai adalah produksinya tinggi.

Dirinya berharap, prestasi yang diraih peternak 2 tahun silam di Kabupaten Blitar bisa diraih kembali dengan merabut juara. Untuk persiapan jelang kontes, pihaknya mengaku sudah memberikan pengarahan dan pembinaan kepada para terternak sejak jauh-jauh hari.

“Persiapan sudah dilakukan mulai sosialisasi dan motivasi kepada peternakan dengan melibatkan petugas dari dinas. Mudah-mudahan mendapat juara lagi,“ harap Ari. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO