Bawaslu Gandeng Nelayan di Situbondo Awasi Pemilu 2019

Bawaslu Gandeng Nelayan di Situbondo Awasi Pemilu 2019 Panwaslu Kecamatan Panarukan bersama Sejumlah Nelayan di Situbondo saat mendeklarasikan "Nelayan Mengawasi". Foto: HADI P/BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, menggandeng sejumlah nelayan di Situbondo dalam sosialisasi pengawasan kampanye pemilu tahun 2019 di Kecamatan Panarukan, Kamis (25/10).

Menurut anggota , Devita Yustiari Dewi, pelibatan masyarakat terutama para nelayan bertujuan ikut andil melakukan pengawasan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan saat pelaksanaan pemilu.

"Kami terus mengajak seluruh masyarakat. Hari ini, sasaran kami para nelayan kita ajak mereka ikut andil berpartisipasi melakukan pengawasan untuk meminimalisasi kecurangan yang mungkin saja terjadi di pemilu 2019," katanya.

Perempuan yang dikenal sebagai aktivis saat masih jadi mahasiswi ini bahwa para nelayan di Situbondo sangat penting dilibatkan dalam pengawasan, mengingat Kabupaten Situbondo merupakan daerah pesisir, memanjang dari Kecamatan Banyuglugur sampai sampai di Kecamatan Banyuputih.

"Sangat penting nelayan ini para nelayan ini berperan aktif dalam pengawasan, karena Situbondo ini daerah pesisir, apalagi biasanya didaerah-daerah pesisir sangat berpotensi besar terjadi pelanggaran," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa, masyarakat sangat berperan penting membantu Bawaslu dalam pengawasan pemilu jujur dan adil, pasalnya keterbatasan jumlah personel Bawaslu, baik pengawas ditingkat Kecamatan maupun mengawas di tingkat Desa.

"Personil kami sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah yang akan kita awasi. Makanya di sini peran masyarakat berperan penting dalam pengawasan, agar pemilu berjalan jujur dan adil," ungkapnya.

Sementara Divisi PHL Panwaslu Kecamatan Panarukan, Fathor Rozy Hidayat, menyambut baik konsep Bawaslu Kabupaten yang menyasar para nelayan di Situbondo, karena Kecamatan Panarukan merupakan wilayah pesisir. Ia mengatakan, pihaknya memiliki komitmen tinggi untuk melakukan pencegahan dengan dibantu oleh masyarakat agar tidak terjadi pelanggaran pemilu.

" dilibatkan dalam pengawasan ini sangat bagus, apalagi wilayah pengawasan kami ini daerah pesisir. Setelah acara sosialisasi ini, kita akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat nelayan, selanjutnya, akan ada deklarasi " Mengawasi", demi pemilu yang jujur dan adil di Kecamatan Panarukan," pungkasnya.

Pantauan dilapangan, usai acara sosialisasi pengawasan kampanye pemilu 2019. Seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan Panarukan bersama sejumlah nelayan melakukan deklarasi di sekitar tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, mereka sepakat menjaga suasana damai dan menolak segala bentuk kampanye hitam dan hoaks dalam pemilu 2019. (had/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO