Senin, 21 Oktober 2019 06:11

​Sekdaprov Tegaskan Seleksi CPNS Pemprov Jatim 2018 Zero Joki

Kamis, 25 Oktober 2018 17:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
​Sekdaprov Tegaskan Seleksi CPNS Pemprov Jatim 2018 Zero Joki
Sekdaprov Jatim saat mengecek kesiapan tes CPNS di Kanreg II BKN Surabaya, ditemani Kepala Dinas Kominfo Jatim I Made Sukartha, serta Kepala Kanreg II BKN Surabaya. Foto: YUDI A/HARIAN BANGSA

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bekerjasama dengan BKN sudah menyiapkan segala sesuatunya. Melalui arahan Gubernur Jatim untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan mudah bagi para peserta yang akan mulai melakukan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) besok (Jumat, 26/10).

"Sampai-sampai dokter, ambulans, oksigen akan kita siapkan. Dokternya pun dokter yang sabar, ambulansnya juga baru hingga tempat tunggu pun ber-AC," jelas Sekdaprov Jatim Dr Ir. Heru Tjahyono MM, mengecek secara langsung persiapan tes CPNS Pemprov Jatim Tahun 2018 di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara (Kanreg II BKN), Jl. Letjen S. Parman, Waru, Sidoarjo, Kamis (25/10) siang.

Heru mengatakan, persiapan fisik lainnya yang sudah dipersiapkan yakni ruang ujian, tempat tunggu ujian, ruang kesehatan, musala, serta hardware yakni pc/perangkat komputer untuk ujian. Sebanyak 300 komputer serta cadangannya 10 persen telah disiapkan di Kanreg II BKN.

"Kalau sampai terjadi komputer para peserta ujian lagi ngadat, eror, hingga rusak, langsung bisa diganti dengan komputer yang baru tanpa dikurangi waktu pengerjaannya," tegas mantan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim ini.

Untuk ujian pada hari pertama ada tiga sesi, hari selanjutnya akan digelar lima sesi. Khusus tanggal 28 Oktober akan digelar di dua tempat yakni di Kanreg II BKN dan Empire Palace dengan kapasitas 1.400 orang yang bisa menampung 7.000 peserta dalam sehari. 

"Dengan jumlah peserta sebanyak 52.312 orang yang akan mengikuti tes CPNS Pemprov Jatim ini," terangnya.

Heru mengimbau saat ujian para peserta tidak membawa kendaraan sendiri karena untuk menghindari kemacetan mengingat setiap harinya ada ratusan hingga ribuan peserta yang mengikuti tes. 

"Kalaupun terpaksa membawa, kami  telah mengantisipasi dengan menyediakan areal parkir di sekitaran Kanreg II BKN yakni di tempat parkir Giant, MC Donald dan Parkir Bus Akas Waru, Sidoarjo," imbaunya.

Terkait joki tes, Heru menegaskan bahwa dengan digunakannya sistem yang berbasis Computer Assisted Tes (CAT) ini, praktek tersebut sudah tidak mungkin bisa lagi karena secara sistem sudah diproteksi sejak awal.

"Terlebih, ada monitor di ruang kontrol dan di ruang publik yang setiap saat kita bisa melihat live score. Kita bisa melihat kondisi yang ada di ruang tes," tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kanreg II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko SH. M.Si menambahkan, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 dipastikan tidak ada unsur perjokian. Ia melihat seluruh proses tahapan yang sudah dilalui oleh peserta ujian sangatlah detail. Mulai dari kartu ujian harus sama dengan KTP, begitu juga dengan foto yang ada tidak boleh berbeda.

"Bagi peserta yang akan mengikuti ujian, sebelum memasuki ruangan juga tidak diperkenankan membawa alat komunikasi, dan hanya diperkenankan membawa kartu tes ujian yang berlaku. Nanti ada metal detektor yang melekat pada peserta ujian. Jadi ia hanya membawa kartu ujian atau identitas. Kita bisa melihat peserta melalui monitor yang disiapkan di masing masing ruang ujian," pungkasnya. (ian/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...