Direktur PG Candi Baru Dilaporkan ke Polda, Buntut Meninggalnya Bocah 11 Tahun Akibat Limbah Panas

Direktur PG Candi Baru Dilaporkan ke Polda, Buntut Meninggalnya Bocah 11 Tahun Akibat Limbah Panas Juru Bicara GPD Pusat, Purwanto, usai laporan ke Polda Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Direktur PG Candi Baru, Ardian Wijanarko, dilaporkan
Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Putra Daerah (GPD) ke Polda Jatim, Senin (15/10). Dalam laporan tersebut, Ardian Wijanarko dituduh sebagai orang yang dianggap bertanggung jawab atas korban limbah panas PG Candi Baru Sidoarjo. 

Selain melaporkan Direktur PG Candi Baru Aridan Wijanarko, GPD juga melaporkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo Dian Wahjuningsih dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur Diah Susilowati.

"Kita melaporkan Direktur Utama PG Candi, Kepala DLH Jatim, sama kepala DLH Sidoarjo, tentang pembuangan limbah sembarangan yang mengakibatkan korban luka hingga meninggal dunia," ujar Juru Bicara GPD Pusat, Purwanto.

Aduan masyarakat ke Polda Jatim dengan nomor 012/Li-1/x/2018/eks dilakukan, setelah terjadi kasus meninggalnya seorang bocah berusia 11 tahun bernama Hendi, asal Klurak, Kabupaten Sidoarjo. Hendi meninggal dengan luka bakar di bagian tubuhnya, usai bermain di area pembuangan limbah panas PG Candi Baru Sidoarjo pada awal Oktober 2018 lalu.

GPD pun menganggap tiga pejabat itu bertanggung jawab atas kasus yang terjadi, sehingga pihaknya membuat aduan masyarakat ke Polda Jatim.

"Jangan sampai terjadi korban berikutnya, walaupun kasus ini sudah diselesaikan seperti apa ya tidak tahu. Yang penting saya berharap jangan sampai kasus ini terulang lagi," harapnya.

Dari pengamatan mereka di lapangan kepada media ini, disebut bahwa lokasi pembuangan limbah panas milik PG Candi Baru Sidoarjo berada di lahan milik warga. Limbah itu dilaporkan dibuang begitu saja, tanpa penanganan lebih lanjut.

Siapapun yang memasuki area itu, pihaknya memastikan tidak akan mengetahui dampak bahaya yang ditimbulkan karena tidak adanya peringatan maupun pengamanan yang menunjukkan bahwa lokasi itu berbahaya.

Untuk diketahui, selain korban meninggal, lokasi pembuangan limbah panas produksi PG Cndi Baru Sidoarjo juga baru saja telah memakan korban luka-luka pada awal bulan September 2018 lalu. Korban adalah Davin. Ia mengalami luka bakar cukup serius di kedua kakinya usai bermain di area pembuangan limbah. Korban pun dirujuk ke RSUD Sidoarjo guna mendapat perawatan medis. (ana/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Pencurian Sepeda Motor di Krian Sidoarjo Terekam CCTV, Pelaku Mengenakan Seragam Ojol':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO