Kamis, 17 Oktober 2019 16:05

Kasatreskrim Polres Blitar Kota Dicatut Akun WA Bodong, Berkedok Jual-Beli Kendaraan

Selasa, 09 Oktober 2018 20:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Kasatreskrim Polres Blitar Kota Dicatut Akun WA Bodong, Berkedok Jual-Beli Kendaraan

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Semakin hari, modus kejahatan yang dilakukan pelaku penipuan menggunakan media sosial semakin nekat. Terbukti, foto Kasatreskrim pun dicatut untuk melancarkan aksi penipuan berkedok jual beli kendaraan.

Hal ini dialami Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono. Foto dirinya menggunakan pakaian polisi dicatut orang tak dikenal untuk melancarkan modus penipuan.

"Jadi ada orang yang tidak dikenal menggunakan gambar saya di kontak WhatsApp pakai nomor handphone lain. Seola -olah pemilik nomor WA itu saya, padahal bukan," kata Heri Sugiono, Selasa (09/10/2018).

Heri menjelaskan, kejadian ini pertama kali diketahuinya ketika ada seorang teman sekolahnya dihubungi nomor dengan foto dirinya menggunakan seragam. Foto itu belakangan diketahui diambil dari akun Facebook Heri Sugiono.

Pelaku menawarkan jasa jual beli mobil hasil lelang. Tak hanya satu orang, bahkan beberapa teman lainnya dari Kasatreskrim yang dikenal ramah ini juga mengaku dihubungi nomor yang sama. Beruntung teman-temannya tak mudah percaya begitu saja. Mereka, kemudian menghubungi Heri dan menceritakan kejadian yang mereka alami.

"Mereka yang dihubungi langsung menghubungi melalui nomor saya yang asli. Nomor telepon itu sendiri pas saya lacak, posisinya ada di Tapanuli," ungkap Heri.

Atas kejadian ini,  ia meminta masyarakat untuk berhati-hati. Termasuk sering mengecek, terlebih jika ada nomor baru yang meminta sesuatu. Di akun Facebook-nya, Heri Sugiono yang aktif bermedia sosial ini juga mengumumkan jika akun WA tersebut bukan dirinya, lengkap dengan screenshoot akun WA yang dimaksud.

"Wah sudah ada yang pakai namaku. nie... Saya tidak pernah memakai nomor WA lain selain nomorku dewe," bunyi unggahan Heri Sugiono di akun Facebook. (ina/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...