Jumat, 19 Juli 2019 22:24

Alhamdulillah, Gaji PNS Pemkab Ngawi Naik Tahun Depan

Senin, 08 Oktober 2018 22:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Alhamdulillah, Gaji PNS Pemkab Ngawi Naik Tahun Depan

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Ngawi sumringah menyambut tahun 2019. Hal tersebut setelah kepastian adanya kenaikan gaji bagi PNS/ASN di lingkup Pemkab Ngawi.

Seperti yang dijelaskan oleh Bambang Supriyadi kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kab. Ngawi saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Ia memastikan bahwa belasan ribu PNS di lingkup Pemkab Ngawi bakal menerima kenaikan gaji pada tahun depan. "Sudah disiapkan tapi belum bisa kami masukkan ke dalam rancangan," kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Ngawi Bambang Supriyadi, Senin (08/10).

Saat ini pihaknya telah menyusun rancangan kenaikan gaji pegawai pada 2019 nanti. Meski mengenai angkanya belum pasti, tapi Bambang sempat menyebut telah memperhitungkan kenaikannya kurang lebih 5-7 persen. Menurutnya bahwa, penghitungan itu sudah sesuai dengan pedoman penyusunan APBD.

"Yang jelas tidak memberatkan, karena sudah diperhitungkan juga DAU-nya," ujarnya.

Menurut Bambang, sapaan orang nomor satu di DPPKA bahwa, dana alokasi umum (DAU) yang ditransfer oleh pusat memang diprioritaskan untuk belanja pegawai. Jika masih ada sisa, baru digunakan untuk belanja kebutuhan lainnya.

Sesuai asumsi APBD tahun 2018 lalu, besaran belanja pegawai mencapai sekitar 40 persen dari total pendapatan. Artinya, jika total pendapatan dalam APBD Ngawi saat itu mencapai Rp 2 triliun lebih, porsi belanja pegawai mencapai sekitar Rp 900 miliar. "Untuk tahun depan masih akan dibahas lagi rancangannya bulan ini. Yang jelas gambarannya seperti itu," terangnya.

Namun, Bambang mengaku sudah mengambil ancang-ancang. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat untuk menyiapkannya. Menurut Bambang, jumlah yang dibutuhkan untuk membayar gaji pegawai baru nanti sekitar Rp 7-8 miliar dalam setahun. "Kalau dibayarkan tahun ini akan kami masukkan dalam rancangan, tapi kalau masih tahun depan berarti ya di APBD perubahan," pungkasnya.(nal/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...