Kamis, 21 Februari 2019 17:52

Alhamdulillah, Gaji PNS Pemkab Ngawi Naik Tahun Depan

Senin, 08 Oktober 2018 22:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Alhamdulillah, Gaji PNS Pemkab Ngawi Naik Tahun Depan

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Ngawi sumringah menyambut tahun 2019. Hal tersebut setelah kepastian adanya kenaikan gaji bagi PNS/ASN di lingkup Pemkab Ngawi.

Seperti yang dijelaskan oleh Bambang Supriyadi kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kab. Ngawi saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Ia memastikan bahwa belasan ribu PNS di lingkup Pemkab Ngawi bakal menerima kenaikan gaji pada tahun depan. "Sudah disiapkan tapi belum bisa kami masukkan ke dalam rancangan," kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Ngawi Bambang Supriyadi, Senin (08/10).

Saat ini pihaknya telah menyusun rancangan kenaikan gaji pegawai pada 2019 nanti. Meski mengenai angkanya belum pasti, tapi Bambang sempat menyebut telah memperhitungkan kenaikannya kurang lebih 5-7 persen. Menurutnya bahwa, penghitungan itu sudah sesuai dengan pedoman penyusunan APBD.

"Yang jelas tidak memberatkan, karena sudah diperhitungkan juga DAU-nya," ujarnya.

Menurut Bambang, sapaan orang nomor satu di DPPKA bahwa, dana alokasi umum (DAU) yang ditransfer oleh pusat memang diprioritaskan untuk belanja pegawai. Jika masih ada sisa, baru digunakan untuk belanja kebutuhan lainnya.

Sesuai asumsi APBD tahun 2018 lalu, besaran belanja pegawai mencapai sekitar 40 persen dari total pendapatan. Artinya, jika total pendapatan dalam APBD Ngawi saat itu mencapai Rp 2 triliun lebih, porsi belanja pegawai mencapai sekitar Rp 900 miliar. "Untuk tahun depan masih akan dibahas lagi rancangannya bulan ini. Yang jelas gambarannya seperti itu," terangnya.

Namun, Bambang mengaku sudah mengambil ancang-ancang. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat untuk menyiapkannya. Menurut Bambang, jumlah yang dibutuhkan untuk membayar gaji pegawai baru nanti sekitar Rp 7-8 miliar dalam setahun. "Kalau dibayarkan tahun ini akan kami masukkan dalam rancangan, tapi kalau masih tahun depan berarti ya di APBD perubahan," pungkasnya.(nal/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...