Minggu, 24 Maret 2019 02:25

Bakso dan Mie Ayam Pelangi Ini sedang Hits di Bojonegoro, Pewarnanya Alami dari Sayuran

Minggu, 07 Oktober 2018 21:34 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nur Hadi
Bakso dan Mie Ayam Pelangi Ini sedang Hits di Bojonegoro, Pewarnanya Alami dari Sayuran
WARNA-WARNI: Pentol dan mie yang digunakan beraneka warna.

BOJONEGORO - Bakso dan mie ayam merupakan makanan legendaris yang tidak akan lekang oleh waktu. Makanan ini selalu digemari penikmatnya, apalagi dengan menu atau varian terbaru, dapat memikat para penikmat kuliner.

Seperti warung Pita Pitu, E di jalan Jaksa Agung Suprapto, nomor 20 Kota Bojonegoro ini. Pemilik warung, Eva Embun, membuat inovasi makanan bakso dan mie ayam unik dan berbeda dengan bakso mie dan ayam pada umumnya.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, di warungnya yang sederhana itu terdapat 33 varian bakso dengan beraneka ragam nama, mulai bakso pelangi, selimut manja, belahan jiwa, bakso pelakor, hingga bakso bojo galak.

Sedangkan mie ayamnya ada 9 varian nama dan rasa berbeda, mulai mie ayam pelangi yang sedang hits, mie perahu cinta, mie ayam vulgar, mie ayam iga kepo, mie ayam sayap-sayap cinta, dan mie ayam ceker.

"Yang paling hits dan banyak dicari pelanggan adalah mie ayam pelangi dan bakso pelangi. Tetapi varian lainnya juga digemari pelanggan kok," kata Eva saat ditemui di warungnya, Minggu siang (07/10/18).

Dia menjelaskan, pembuatan mie dan bakso pelangi itu tidak menggunakan bahan pewarna makanan ataupun zat pewarna lainnya yang membahayakan kesehatan. Melainkan menggunakan pewarna manual yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran, sehingga aman dikonsumsi dan tentunya menyehatkan.

"Warna hijau kami buat dari daun sawi dan bayam, kemudian warna merah dari buah naga, dan warna orange pakai sayuran wortel. Jadi benar-benar alami dan menyehatkan," tuturnya.

Ide pembuatan mie dan bakso pelangi serta beberapa varian menu di warungnya tersebut bermula atas keprihatinannya terhadap anak-anak yang saat ini mulai tidak suka mengkonsumsi sayuran. Akhirnya dia mengolah dan memadukan bahan dasar tepung, telur, dan sayuran menjadi sebuah makanan bakso dan mie ayam.

"Awalnya memang pangsa pasar kami anak-anak dan para remaja, namun seiring berjalannya waktu orang dewasa pun suka menikmati menu-menu kami. Untuk mie ayam pelangi sehari habis antara 30 sampak 50 porsi, mulai pembeli dari lokal Bojonegoro, Blora Jateng, Lamongan dan terjauh dari Kalimantan," terang Eva.

Dengan memanfaatkan media sosial Facebook, YouTube, Instagram dan aplikasi lainnya, Eva memasarkan makanan olahannya. Dalam sehari, tak kurang sebanyak 200 orang pengunjung datang ke warungnya. Omzetnya pun setiap bulan mencapai Rp 3 hingga Rp 5 juta rupiah.

"Kami akan terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman. Karena saat ini yang paling aneh dan hits itulah yang diburu orang, termasuk makanan," tambahnya.

Salah satu penikmat kuliner asal Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Heni mengatakan, dia mengunjungi warung tersebut karena penasaran dengan nama mie pelangi yang sedang hits di Bojonegoro ini.

Setelah mencicipi mie ayam pelangi, Heni merasa puas. Baik rasa maupun porsinya. "Mienya unik dan porsinya lebih banyak. Selain itu topingnya juga unik. Saya tahu mie ayam pelangi ini dari media sosial kemudian penasaran dan datang langsung," ucapnya. (nur/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...