Minggu, 20 Oktober 2019 19:28

​Puluhan Siswa SDI Aulia Prambon Sidoarjo Ikuti Lomba Mewarnai Batik

Rabu, 03 Oktober 2018 23:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Puluhan Siswa SDI Aulia Prambon Sidoarjo Ikuti Lomba Mewarnai Batik

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Aulia, Prambon Sidoarjo mengikuti lomba mewarnai batik. Lomba yang digelar di depan kelas tersebut, selain untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, juga untuk melestarikan budaya bangsa.

Kepala SDI Aulia Prambon, Ali Murtadho mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar anak-anak bisa mengenal budaya bangsa Indonesia, salah satunya batik. Sehingga muncul rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri.

"Dari situ diharapkan anak-anak punya semangat untuk mempertahankan dan melestarikannya," cetus Ali Murtadho, Rabu 03/10).

Sementara itu, Guru SDI Aulia, Atik Nurifatul Ula menyatakan, meski masih dalam masa penilaian tengah semester, tidak menyurutkan niat SDI Aulia, untuk memperingati Hari Batik. Semua warga sekolah termasuk guru dan peserta didik memakai baju batik.

"Mereka terlihat beda dan menggemaskan. Untuk menambah semaraknya peringatan hari Batik, di depan kelas terhampar batik dengan motif yang berbeda. Peringatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik sejak dini kepada anak-anak. Setelah mereka mengerjakan soal PTS, mereka dikumpulkan dalam satu ruangan," ujar Atik.

Ia menjelaskan tentang sejarah batik, dan juga kedudukan batik saat ini. Menurutnya, batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Batik sudah diakui internasional, maka sebagai bangsa Indonesia wajib bangga.

"Selain dikenalkan sejarah batik, anak-anak juga diperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat batik, seperti canting. Anak-anak mengikuti dengan sangat antusias, karena itu hal yang baru bagi mereka," jlentrehnya.

Rangkaian terakhir dari acara tersebut, anak-anak diajak berkompetisi berkreasi, berekspresi dan menuangkan imajinasi dengan mewarnai motif batik yang diberikan oleh pihak sekolah," pungkasnya. (cat/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...