Senin, 18 Januari 2021 14:02

​Puluhan Siswa SDI Aulia Prambon Sidoarjo Ikuti Lomba Mewarnai Batik

Rabu, 03 Oktober 2018 23:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Puluhan Siswa SDI Aulia Prambon Sidoarjo Ikuti Lomba Mewarnai Batik

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Aulia, Prambon Sidoarjo mengikuti lomba mewarnai batik. Lomba yang digelar di depan kelas tersebut, selain untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, juga untuk melestarikan budaya bangsa.

Kepala SDI Aulia Prambon, Ali Murtadho mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar anak-anak bisa mengenal budaya bangsa Indonesia, salah satunya batik. Sehingga muncul rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri.

"Dari situ diharapkan anak-anak punya semangat untuk mempertahankan dan melestarikannya," cetus Ali Murtadho, Rabu 03/10).

Sementara itu, Guru SDI Aulia, Atik Nurifatul Ula menyatakan, meski masih dalam masa penilaian tengah semester, tidak menyurutkan niat SDI Aulia, untuk memperingati Hari Batik. Semua warga sekolah termasuk guru dan peserta didik memakai baju batik.

"Mereka terlihat beda dan menggemaskan. Untuk menambah semaraknya peringatan hari Batik, di depan kelas terhampar batik dengan motif yang berbeda. Peringatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik sejak dini kepada anak-anak. Setelah mereka mengerjakan soal PTS, mereka dikumpulkan dalam satu ruangan," ujar Atik.

Ia menjelaskan tentang sejarah batik, dan juga kedudukan batik saat ini. Menurutnya, batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Batik sudah diakui internasional, maka sebagai bangsa Indonesia wajib bangga.

"Selain dikenalkan sejarah batik, anak-anak juga diperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat batik, seperti canting. Anak-anak mengikuti dengan sangat antusias, karena itu hal yang baru bagi mereka," jlentrehnya.

Rangkaian terakhir dari acara tersebut, anak-anak diajak berkompetisi berkreasi, berekspresi dan menuangkan imajinasi dengan mewarnai motif batik yang diberikan oleh pihak sekolah," pungkasnya. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...