​Puluhan Siswa SDI Aulia Prambon Sidoarjo Ikuti Lomba Mewarnai Batik

​Puluhan Siswa SDI Aulia Prambon Sidoarjo Ikuti Lomba Mewarnai Batik

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Aulia, Prambon Sidoarjo mengikuti lomba mewarnai . Lomba yang digelar di depan kelas tersebut, selain untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, juga untuk melestarikan budaya bangsa.

Kepala SDI Aulia Prambon, Ali Murtadho mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar anak-anak bisa mengenal budaya bangsa Indonesia, salah satunya . Sehingga muncul rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri.

"Dari situ diharapkan anak-anak punya semangat untuk mempertahankan dan melestarikannya," cetus Ali Murtadho, Rabu 03/10).

Sementara itu, Guru SDI Aulia, Atik Nurifatul Ula menyatakan, meski masih dalam masa penilaian tengah semester, tidak menyurutkan niat SDI Aulia, untuk memperingati Hari Batik. Semua warga sekolah termasuk guru dan peserta didik memakai baju .

"Mereka terlihat beda dan menggemaskan. Untuk menambah semaraknya peringatan hari Batik, di depan kelas terhampar dengan motif yang berbeda. Peringatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sejak dini kepada anak-anak. Setelah mereka mengerjakan soal PTS, mereka dikumpulkan dalam satu ruangan," ujar Atik.

Ia menjelaskan tentang sejarah , dan juga kedudukan saat ini. Menurutnya, merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Batik sudah diakui internasional, maka sebagai bangsa Indonesia wajib bangga.

"Selain dikenalkan sejarah , anak-anak juga diperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat , seperti canting. Anak-anak mengikuti dengan sangat antusias, karena itu hal yang baru bagi mereka," jlentrehnya.

Rangkaian terakhir dari acara tersebut, anak-anak diajak berkompetisi berkreasi, berekspresi dan menuangkan imajinasi dengan mewarnai motif yang diberikan oleh pihak sekolah," pungkasnya. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO