Kamis, 19 September 2019 10:14

KPU Jatim Sahkan 1573 Caleg dalam DCT

Kamis, 20 September 2018 23:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
KPU Jatim Sahkan 1573 Caleg dalam DCT
Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito (tengah). foto: dok.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah merekap jumlah daftar caleg tetap (DCT). Sebanyak 1.573 telah dihitung masuk DCT untuk diumumkan pada Jumat (21/9). Jumlah ini tentunya berkurang banyak karena bakal caleg sebelumnya yang daftar mencapai 1.670 orang.

"Karena ada proses-proses. Kemarin ada yang mengundurkan diri dan sebagainya. Besok kita umumkan," ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Kamis (20/9).

Eko juga memastikan kalau DCT tingkat Provinsi Jatim tidak ada Caleg yang koruptor. Selama rekapitulasi tidak ditemukan caleg yang memiliki kekuatan hukum tetap. "Jadi secara regulasi tidak ada persoalan itu," katanya di hadapan para awak media.

Eko juga menambahkan, kalau KPU RI sudah menyampaikan surat edaran terkait dengan Caleg yang sebelumnya itu dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) lantaran sengketa dengan Bawaslu. Maka, Bawaslu dan Caleg wajib menyelesaikannya agar statusnya bisa memenuhi syarat (MS).

"Kalau sudah, nanti akan memasukkan ke DCT. Tetapi tentu saja harus dicek kembali apakah syarat-syaratnya sudah memenuhi persyaratan atau belum karena harus juga ada surat keterangan dari lapas atau sebagainya," terang Eko.

Sebelumnya, Plt Kasubbag Teknik KPU Jatim Eddy Prajitno menyatakan, dari hasil approval untuk DCT DPRD Jawa Timur secara keseluruhan tidak ada masalah. Parpol melalui LO juga sudah membubuhkan tanda tangan, atau paraf sebagai pertanda untuk approval.

Dia menerangkan, jika ada masalah yang muncul tidak terlalu signifikan. Misalnya, beberapa perwakilan parpol melalui LO melakukan pergantian atau penghapusan data. Untuk pergantian kebanyakan berupa foto, sebagian ada yang menginginkan diganti foto terbaru.

“Untuk penghapusan data, kebanyakan berupa gelar akademik. Ada juga yang menambah gelar akademik, tapi secara keseluruhan tidak ada masalah,” kata Eddy. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...