Selasa, 23 Juli 2019 03:04

KPU Jatim Sahkan 1573 Caleg dalam DCT

Kamis, 20 September 2018 23:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
KPU Jatim Sahkan 1573 Caleg dalam DCT
Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito (tengah). foto: dok.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah merekap jumlah daftar caleg tetap (DCT). Sebanyak 1.573 telah dihitung masuk DCT untuk diumumkan pada Jumat (21/9). Jumlah ini tentunya berkurang banyak karena bakal caleg sebelumnya yang daftar mencapai 1.670 orang.

"Karena ada proses-proses. Kemarin ada yang mengundurkan diri dan sebagainya. Besok kita umumkan," ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Kamis (20/9).

Eko juga memastikan kalau DCT tingkat Provinsi Jatim tidak ada Caleg yang koruptor. Selama rekapitulasi tidak ditemukan caleg yang memiliki kekuatan hukum tetap. "Jadi secara regulasi tidak ada persoalan itu," katanya di hadapan para awak media.

Eko juga menambahkan, kalau KPU RI sudah menyampaikan surat edaran terkait dengan Caleg yang sebelumnya itu dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) lantaran sengketa dengan Bawaslu. Maka, Bawaslu dan Caleg wajib menyelesaikannya agar statusnya bisa memenuhi syarat (MS).

"Kalau sudah, nanti akan memasukkan ke DCT. Tetapi tentu saja harus dicek kembali apakah syarat-syaratnya sudah memenuhi persyaratan atau belum karena harus juga ada surat keterangan dari lapas atau sebagainya," terang Eko.

Sebelumnya, Plt Kasubbag Teknik KPU Jatim Eddy Prajitno menyatakan, dari hasil approval untuk DCT DPRD Jawa Timur secara keseluruhan tidak ada masalah. Parpol melalui LO juga sudah membubuhkan tanda tangan, atau paraf sebagai pertanda untuk approval.

Dia menerangkan, jika ada masalah yang muncul tidak terlalu signifikan. Misalnya, beberapa perwakilan parpol melalui LO melakukan pergantian atau penghapusan data. Untuk pergantian kebanyakan berupa foto, sebagian ada yang menginginkan diganti foto terbaru.

“Untuk penghapusan data, kebanyakan berupa gelar akademik. Ada juga yang menambah gelar akademik, tapi secara keseluruhan tidak ada masalah,” kata Eddy. (mdr/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...