Tahun Politik, Begini Pesan Panglima Hadi Tjahjanto Untuk Prajurit TNI

Tahun Politik, Begini Pesan Panglima Hadi Tjahjanto Untuk Prajurit TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ditemui usai ziarah di Makam Bung Karno. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tahun politik, Panglima TNI Marsekal mengingatkan agar prajurit TNI bersikap netral. Hal itu ditegaskan Marsekal saat ziarah ke Makam Bung Karno, di Kota Blitar dalam rangka rangkaian HUT TNI ke 73, Rabu (19/9/2018).

Demi menjaga netralitas ini, pihaknya bahkan mengeluarkan buku saku sebagai pegangan para prajurit di lapangan untuk menjaga netralitas.

Ia menegaskan apabila ada prajurit yang tidak bersikap netral sesuai perintah atasan, Panglima TNI meminta untuk segera dilaporkan ke Pusat Penerangan (Puspen) TNI.

"Kalau ada yang tidak netral, laporkan. Pasti akan ditangani dan diberi sanksi sesuai tingkatan pelanggaran. Mulai dari tidak diikutkan pendidikan, kemudian tidak ada jabatan strategis. Jika tidak ikut pendidikan otomatis berdampak pada kepangkatan," tegas Marsekal , Rabu (19/9/2018).

Panglima TNI Marsekal menambahkan, sebelumnya bersama Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian ia juga melakukan serangkaian safari guna menyampaikan kepada prajurit TNI dan Polri untuk menjaga netralitasnya. "Saya sudah safari bersama Kapolri, menyampaikan harapan kita sesuai tujuan menjaga netralitas," imbuhnya.

Dalam tahun politik, soliditas TNI/Polri memang dibutuhkan untuk menjaga keutuhan NKRI guna mewujudkan stabilitas keamanan dan stabilitas politik. Aparat TNI-Polri harus dapat berlaku netral dan bisa memosisikan diri sebagai penengah. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO