Lanjutkan Tradisi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto Ziarah ke Makam Bung Karno

Lanjutkan Tradisi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto Ziarah ke Makam Bung Karno Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (empat dari kanan) saat ziarah di makam Bung Karno. foto: Akina/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ziarah ke makam presiden Indonesia terdahulu kini menjadi tradisi dalam setiap rangkaian kegiatan HUT . Tradisi yang pertama kali dilakukan oleh mantan Panglima Gatot Nurmantio ini, kini dilanjutkan di era kepemimpinan Panglima Marsekal .

Memperingati HUT ke-73 tahun ini, Panglima Marsekal bersama rombongan berziarah ke Makam Bung Karno, Rabu (19/9/2018). Mengusung tema Profesionalisme Untuk Rakyat, selain ke Makam Bung Karno, rangkaian ziarah ini juga akan dilanjutkan ke makam mantan presiden RI lainnya. Di antaranya makam Gus Dur di Jombang, makam Soeharto di Imogiri, Solo serta makam Panglima Sudirman di taman makam pahlawan Kusuma Negara Jogyakarta.

"Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke 73. Ini adalah tradisi yang bagus untuk dilanjutkan. Tradisi ini tetap dipertahankan untuk mengingatkan perjuangan pendahulu. Ingat pesan Bung Karno Jas Merah, jangan melupakan sejarah," tutur Marsekal , Rabu (19/9/2018).

Rombongan Panglima tiba di area Makam Bung Karno tepat pukul 10.00 WIB. Setelah penyambutan, Panglima yang didampingi KASAD, KASAU, dan KASAL sempat istirahat di ruang transit. Kemudian dilanjutkan dengan upacara penghormatan yang dipimpin Panglima Marsekal . Lima menit upacara penghormatan tepat di depan Makam Bung Karno, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama dan tabur bunga di pusara Bung Karno.

"Kami berharap, perjuangan dan semangat para pendahulu ini dapat diimplementasikan di masa sekarang," imbuhnya.

Sekitar pukul 11.00 WIB, rombongan meninggalkan area Makam Bung Karno. Rombongan kemudian menuju ke Pendopo Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar sebelum bertolak ke Jombang. (ina/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO