Bikin Pengobatan Gratis, KAI Sulap Gerbong Layaknya Klinik

Bikin Pengobatan Gratis, KAI Sulap Gerbong Layaknya Klinik Pengobatan gratis Rail Clinic oleh KAI Daop 8 Surabaya.

BLITAR, BANGSAONLINE.Com - Masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun Wlingi, Kabupaten Blitar bisa merasakan layanan kesehatan gratis dari PT Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya

Tak seperti pengobatan gratis pada umumnya, layanan ini dilakukan di atas satu rangkaian gerbong KA yang dinamai Rail Clinic. Deretan kursi penumpang di dalam gerbong semua dihilangkan dan diganti dengan peralatan medis lengkap dengan para dokternya. PT KAI sengaja membuat Rail Clinik ini karena dapat menembus daerah yang sulit dijangkau kendaraan bermotor.

"Bakti sosial ini untuk membantu membantu dan meringankan penderitaan masyarakat menengah ke bawah. Karena untuk berobat di sini, para pasien hanya disuruh menunjukkan identitasnya," jelas Deputi Eksekutif Daop 8 Surabaya Djainuri, Selasa (18/9).

Anis Safitri (40) satu warga setempat mengaku terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini. Selain itu, ia juga penasaran dengan pengobatan yang dilakukan di dalam gerbong.

"Berobat di dalam gerbong ini lebih nyaman dan rileks, karena sensasinya beda dan juga peralatan di sini juga lengkap. Saya ke sini untuk memeriksakan mata dan kaki sering kesemutan,"aku Anis Savitri, warga Kelurahan Wlingi.

Selain pengobatan gratis, PT KAI Daop 8 Surabaya juga memberikan kacamata gratis kepada31 siswa dari SDN Beru 1. Kacamata gratis juga diberikan kepada beberapa siswa dari SD Bina Insan Mulia Beru.

"Selain pengobatan gratis kami juga membagikan kacamata gratis kepada siswa SD. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tingkat kesehatan warga menjadi lebih baik. Serta pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI," imbuhnya.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan di Rail Clinic ini, masyarakat hanya diminta menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dahulu. Atau menunjukan identitasnya kepada petugas.

Rail Clinicdi satu train setterdiri dari dua kereta diesel. Ada enam ruang pemeriksaan. Di antaranya ruang pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, laboratorium sederhana, ruang pemeriksa mata, ruang obat dan bahkan ruang pemeriksaan kandungan yang dilengkapi alat USG dan Electro Cardiografi (EKG).(ina/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terobos Perlintasan Kereta Api, Honda Brio di Cilegon Ringsek':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO