Ditemukan, Obat Diabetes untuk Bentuk Sel Penghasil Insulin

Ditemukan, Obat Diabetes untuk Bentuk Sel Penghasil Insulin Penderita diabetes. foto: mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com - Dewan tengah menguji coba obat terobosan yang diharapkan dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 1.

Uji coba inovatif ini telah diluncurkan dewan kesehatan dengan harapan dapat membantu jutaan pasien di seluruh dunia. Para dokter berharap obat tersebut akan membantu para penderita diabetes menumbuhkan kembali sel-sel penghasil di dalam tubuh mereka.

Ada dua pasien kini telah diberi obat. Yang pertama diobati dengan obat revolusioner diujicobakan oleh The Clinical Research Facility di Cardiff and Vale University Health Board.

Pasien yang menderita diabetes tipe 1 biasanya akan mengonsumsi seumur hidup karena pankreas mereka tidak dapat memproduksi sel beta yang menghasilkan hormon.

Tetapi percobaan pertama di dunia di Cardiff ini bertujuan untuk meregenerasi sel yang hilang dan memungkinkan tubuh mereka untuk secara alami mengatur kadar glukosa darah. Dewan kesehatan mengatakan obat baru itu tidak menunjukkan efek samping yang besar, tetapi terlalu dini untuk melihat apakah uji coba telah berhasil. Dia berharap ada delapan relawan dewasa yang telah menderita diabetes selama lebih dari dua tahun untuk mengambil bagian dalam uji coba.

Dr Mohammad Alhadj Ali yang bekerja pada studi di Cardiff, mengatakan: "Meskipun ada beberapa hal yang telah dicapai dalam perawatan diabetes, kemajuan dalam pencegahan belum benar-benar terjadi. Lebih banyak sel beta penghasil diperlukan dan diperkirakan bahwa 90% pasien dengan diabetes tipe 1 memiliki kurang dari lima persen sel yang tersisa." 

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO