Serunya Warga Desa Banjardowo Berebut Es Dawet Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah

Serunya Warga Desa Banjardowo Berebut Es Dawet Menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Warga Desa Banjardowo antusias menyambut kenduri es dawet. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten punya tradisi khusus untuk menyambut tahun baru Islam 1440 Hijriyah yang jatuh hari ini, Selasa (11/9). Yakni, dengan kenduri es dawet.

Kenduri es dawet ini digelar warga di sepanjang jalan depan kantor Desa Banjardowo. Pihak panitia menyiapkan 40 baskom berisi es dawet yang ditata di atas meja berjajar memanjang.

Deretan meja yang menyediakan es dawet ini mencapai sekitar 150 meter. Ibu-ibu panitia kenduri bersiap di balik meja untuk menuangkan es dawet ke gelas yang dibawa warga.

Begitu doa bersama selesai digelar, ratusan warga yang sudah memadati tenda tempat kenduri es dawet, langsung berjubel. Mereka berebut untuk mendapatkan minuman tradisional itu sembari menyodorkan gelas plastik ke panitia.

"Untuk kenduri dawet ini kami habiskan 115 kilogram gula pasir untuk membuat sekitar 600 porsi es dawet," kata panitia kenduri es dawet Siti Mariyam (48) kepada wartawan di lokasi, Selasa (11/9/2018).

Tak hanya ibu rumah tangga, para pria dan anak-anak tak mau ketinggalan untuk mendapatkan dawet gratis ini. Ada pula yang membawa kantung plastik untuk membawa pulang sebanyak mungkin es dawet. Tak ayal, belum sampai satu jam, ratusan porsi es dawet yang disediakan panitia, ludes diserbu warga.

"Ini tradisi di kampung kami untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram. Kami berharap desa kami bebas dari malapetaka," ujar Mariyam.

Meski harus berdesakan dan menunggu antrean, warga mengaku senang ikut meramaikan tradisi kenduri es dawet. Seperti yang dikatakan Fauziah (30), pengunjung asal Desa Banjardowo. "Senang sekali dapat dawet gratis, rasanya enak juga," terangnya. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO