Luncurkan Gula Kemasan 1 Kg, PTPN X Rambah Pasar Ritel

Luncurkan Gula Kemasan 1 Kg, PTPN X Rambah Pasar Ritel Direktur operasional PTPN X Mustaqim saat mencoba air tebu varietas terbaru di PG Pesantren Baru Kediri. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - PT Perkebunan Nusantara () X semakin memperluas jangkauan pemasarannya yaitu, dengan merambah pangsa ritel di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui acara peresmian produksi gula ritel di Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kediri, Jumat (7/9).

Gula ritel X ini dipasarkan dalam kemasan 1 kg dan kemasan stick pack 8 gram dengan merek dagang Dasa Manis. Sejumlah 5 ton gula kemasan 1 kg siap dipasarkan. 

“Investasi dua mesin kemasan ritel telah dilakukan di awal tahun 2018 senilai Rp 2,7 miliar. Mesin tersebut mampu mempmduksi 15 ton per hari. Diharapkan nantinya mampu memproduksi gula kemasan 1 kg sebesar 1.200 ton dalam musim giling tahun ini,” ungkap Direktur Operasional X, Mustaqim.

X tidak hanya berfokus pada pemasaran namun juga tetap berkomitmen menjaga kualitas pnoduksi gula Dasa Manis. Gula Dasa Manis memiliki ICUMSA maksimal 200 IU atau setara dengan kualitas GKP I sesuai standar SNI. Kualitas tersebut juga didukung oleh Nomor Izin Edar (NIE) dari BPOM dan sertifikasi Halal dari MUI. 

“Adanya produksi gula Dasa Manis ini kian menegaskan kehadiran BUMN di tengah masyarakat karena X dapat langsung memenuhi kebutuhan konsumen (end user)‘ Harapannya, pemasaran Dasa Manis dapat kian meningkatkan daya saing dan profitabilitas perusahaam,” terang Dwi Satriyo Annurogo, direktur utama X.

Untuk pemasaran gula Dasa Manis ini, X menggandeng Superindo. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), clan Koperasi Karyawan (Kopkar) X. Ke depannya, jaringan pemasaran akan terus diperluas hingga merambah pasar ritel. pasar tradisional, dan e-commerence.

Pada hari yang sama, diadakan juga peresmian produksi bio kompos. Bio kompos ini terbuat dari blotong dan abu ketel yang mempakan hasil samping Pabrik Gula, yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Produksi bio kompos ini menggunakan alat seperti compost turner. yang membuat kualitas bio kompos lebih bagus. X memproduksi bio kompos dalam kemasan kanmg plastik ukuran 40 kg. (rif/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO