Selasa, 23 Juli 2019 02:58

Luncurkan Gula Kemasan 1 Kg, PTPN X Rambah Pasar Ritel

Jumat, 07 September 2018 17:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Luncurkan Gula Kemasan 1 Kg, PTPN X Rambah Pasar Ritel
Direktur operasional PTPN X Mustaqim saat mencoba air tebu varietas terbaru di PG Pesantren Baru Kediri. Foto: ARIF K/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X semakin memperluas jangkauan pemasarannya yaitu, dengan merambah pangsa ritel di Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui acara peresmian produksi gula ritel di Pabrik Gula (PG) Pesantren Baru, Kediri, Jumat (7/9).

Gula ritel PTPN X ini dipasarkan dalam kemasan 1 kg dan kemasan stick pack 8 gram dengan merek dagang Dasa Manis. Sejumlah 5 ton gula kemasan 1 kg siap dipasarkan. 

“Investasi dua mesin kemasan ritel telah dilakukan di awal tahun 2018 senilai Rp 2,7 miliar. Mesin tersebut mampu mempmduksi 15 ton per hari. Diharapkan nantinya mampu memproduksi gula kemasan 1 kg sebesar 1.200 ton dalam musim giling tahun ini,” ungkap Direktur Operasional PTPN X, Mustaqim.

PTPN X tidak hanya berfokus pada pemasaran namun juga tetap berkomitmen menjaga kualitas pnoduksi gula Dasa Manis. Gula Dasa Manis memiliki ICUMSA maksimal 200 IU atau setara dengan kualitas GKP I sesuai standar SNI. Kualitas tersebut juga didukung oleh Nomor Izin Edar (NIE) dari BPOM dan sertifikasi Halal dari MUI. 

“Adanya produksi gula Dasa Manis ini kian menegaskan kehadiran BUMN di tengah masyarakat karena PTPN X dapat langsung memenuhi kebutuhan konsumen (end user)‘ Harapannya, pemasaran Dasa Manis dapat kian meningkatkan daya saing dan profitabilitas perusahaam,” terang Dwi Satriyo Annurogo, direktur utama PTPN X.

Untuk pemasaran gula Dasa Manis ini, PTPN X menggandeng Superindo. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), clan Koperasi Karyawan (Kopkar) PTPN X. Ke depannya, jaringan pemasaran akan terus diperluas hingga merambah pasar ritel. pasar tradisional, dan e-commerence.

Pada hari yang sama, diadakan juga peresmian produksi bio kompos. Bio kompos ini terbuat dari blotong dan abu ketel yang mempakan hasil samping Pabrik Gula, yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Produksi bio kompos ini menggunakan alat seperti compost turner. yang membuat kualitas bio kompos lebih bagus. PTPN X memproduksi bio kompos dalam kemasan kanmg plastik ukuran 40 kg. (rif/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...