Pengurusan Dokumen Adminduk Lamban, Pelayanan Dispendukcapil Tuban Dikeluhkan Masyarakat

Pengurusan Dokumen Adminduk Lamban, Pelayanan Dispendukcapil Tuban Dikeluhkan Masyarakat Ruang pelayanan Disdukcapil Tuban. foto: Istimewa

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tuban kian dikeluhkan oleh masyarakat yang hendak mengurus dokumen keluarga, seperti KK, KTP, maupun Akta Kelahiran.

Keluhan warga bervariatif. Namun, mayoritas mereka mereka mengeluhkan pengurusan dokumen adminduk yang lamban, alias tak kunjung jadi.

Seperti yang disampaikan Slamet (38), warga Kecamatan Pelumpang, Kabupaten Tuban. Kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (29/8), ia mengaku kecewa dengan pelayanan petugas Disdukcapil yang tidak profesional, khususnya saat ditanya kapan dokumen adminduk yang diurusnya bisa terbit.

"Bahkan, saat saya sedang mengantar istri ke Dukcapil, ada seorang ibu-ibu sedang marah karena merasa diping pong oleh petugas," ujarnya.

Slamet juga menyayangkan lantaran terkadang yang melayani masyarkat bukan petugas Dukcapil sendiri, melainkan siswa magang. "Sehingga wajar banyak masyarakat yang menilai jika Dukcapil pelayanannya tidak profesional. Secara pribadi kami menilai, semakin hari pelayanan di kantor Dukcapil Tuban semakin tidak profesional," sambungnya.

Hal senada disampaikan Joko (19), warga Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Ia juga mengeluh lantaran pelayanan di Dukcapil lambat. Bahkan, dirinya terpaksa bolak balik ke Tuban lantaran dokumen yang diurus tak kunjung selesai.

"Katanya tanggal ini sudah jadi, tapi saat diambil ternyata belum jadi. Dan anehnya besoknya disuruh datang. Dan ini bolak balik seperti itu. Parahnya lagi, antreannya juga banyak. Jadi kalau pagi gak ke dukcapil ya bakalan gak dapat antrean. Makanya ini perlu ada evaluasi dari pemerintah," pintanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO