Kuntulan Caruk Meriahkan Pentas Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Kuntulan Caruk Meriahkan Pentas Peringatan HUT Kemerdekaan RI Kuntulan Caruk di pentas seni kemerdekaan di Kelurahan Kertosari.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kelurahan Kertosari Minggu malam (26/8) menmggelar peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di depan kantor setempat. Acara yang mengangkat tradisi kesenian khas Kuntulan membuat semarak pesta kemerdekaan semakin terasa.

Kuntulan Caruk membuat antusias warga Kertosari maupun luar Kertosari untuk menyaksikan pagelaran ini. Hal itu karena Kuntulan yang sudah menjadi kesenian ikon Kelurahan Kertosari ini sudah pernah berjaya di tingkat Kabupaten sampai nasional. Makanya, kesenian Kuntulan Kertosari selalu ditunggu-tunggu penampilannya oleh masyarakat pecinta kesenian yang ada di .

Dalam penampilan terrsebut, Kuntulan Kertosari dicarukkan (diadu) dengan Kuntulan lain dari Dusun Pelinggihan Desa Grogol Kecamatan Giri . Kedua kuntulan ini beradu skill teknik pemukulan alat musik tradisional seperti terbang, kempul, jidor, pantus dan kendang yang diselaraskan dengan penari dan penyanyi yang membawakan lagu Osing an.

Selain kuntulan, ada juga beberapa tampilan seperti tari Jejer Gandrung, pembacaan puisi kemerdekaan dan paduan suara yang diperagakan oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Kertosari. Sebelumnya, pagi harinya masyarakat sudah diajak melakukan kegiatan senam massal dan jalan sehat.

Dalam sambutannya, Lurah Kertosari Joko Handoko mengatakan, pentas seni kemerdekaan ini untuk mempersatukan warga Kertosari supaya saling mengenal antar warga.

"Saya juga mengapresiasi kerja keras panitia yang bisa mewujudkan pentas seni kemerdekaan ini dengan menampilkan kesenian khas . Selain itu, dengan terwujudnya acara ini membuktikan bahwa solidaritas masyarakat sangat kompak sekali," terangnya. (gda/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO