Dinas ESDM Jatim Tinjau Semburan Air di Ngawi

Dinas ESDM Jatim Tinjau Semburan Air di Ngawi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (Dinas ESDM) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melakukan pengecekan terkait bercampur lumpur yang terjadi di Dusun Babadan, Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten , Rabu (8/8).

Di sela-sela peninjauan, Kepala Bidang Geologi Dinas ESDM Jatim Kukuh Sudjatmiko mengatakan bahwa fenomena munculnya bercampur lumpur di ini mirip dengan kasus-kasus sebelumnya. Menurutnya, fenomena serupa pernah terjadi di beberapa daerah di Jatim.

“Kita tidak bisa mengatakan jika ini siklus. Kami hanya bisa mengacu ke tahun-tahun sebelumnya, jika fenomena seperti ini pernah terjadi di beberapa daerah. Seperti tahun 2015 di Gondang, Nganjuk, kemudian di Bojonegoro. Hanya bedanya di Bojonegoro bercampur dengan lumpur,” katanya saat berada di , Rabu (8/8).

Ia mengaku jika tim ESDM sudah mengambil sampel air dan lumpur yang keluar dari semburan di lokasi tersebut untuk dilakukan pengecekan. Kukuh mengungkapkan jika kemungkinan besar ada campuran gas dalam yang terjadi di ini.

“Di sekitar itu ada gelembung-gelembung, itu membuktikan jika ada gas. Untuk dampak, karena yang keluar hanya air dan gas jadi tidak begitu memberikan dampak. Karena yang keluar itu bukan minyak,” imbuhnya.

Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah penyebab setinggi 30 meter tersebut. Kukuh mengaku masih melakukan pengamatan terkait dengan munculnya di Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten itu.

“Kami di sini hanya melihat, kita tunggu saja nanti. Seperti pengalaman kemarin atau peristiwa yang sudah-sudah biasanya tidak sampai 2 minggu sudah berhenti,” terangnya.

Semburan air bercampur tanah lumpur dan gas terjadi di sawah milik Mujianto warga Desa Planglor, Kecamatan Widodaren pada Minggu (5/8) pagi. Peristiwa aneh yang tepatnya terjadi di Desa Sidolaju itu hingga saat ini masih menggemparkan warga setempat hingga luar daeraj. (nal/ian)

Detik-detik terlepasnya pipa pompa air akibat di sumur sawah Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, . Simak videonya di sini: https://www.youtube.com/watch?v=mJnltQkDh7Q&feature=youtu.be

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO