Kabid Humas Polda Jatim Ajak 4.200 Maba ITS Cegah Radikalisme

Kabid Humas Polda Jatim Ajak 4.200 Maba ITS Cegah Radikalisme Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, S.I.K. saat memberikan materi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, S.I.K. menjadi narasumber dalam acara Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan terhadap mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh November Tahun Akademik 2018/2019.di Graha ITS Kampus ITS Sukolilo, Rabu (8/8).

Pelatihan Spiritual dan Kebangsaan kali ini diikuti 4.200 mahasiswa baru yang berasal dari 10 fakultas dan 39 jurusan dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Dalam kesempatan ini Barung memberikan penyampaian materi terkait "Wawasan Kebangsaan". 

"Merupakan cara pandang bangsa indonesia terhadap dirinya sendiri dan lingkunganya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945," jelasnya.

Selain itu ia juga menyampaikan 4 konsensus kebangsaan yang perlu ditegakkan melalui pengamalan nyata, yakni Pancasila yang diamalkan dalam kehidupan sehari hari, UUD 45 yang dilaksanakan dengan baik sehingga terciptanya keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan kesamaan kedudukan di mata hukum.

"Bhineka Tunggal Ika yang perlu dijiwai dan diresapi dalam kehidupan sehari-hari sehingga terciptanya kerukunan dan toleransi. Dan yang paling penting NKRI perlu diperjuangkan agar tetap berdaulat, utuh dan jaya selalu," tambahnya.

Mengenai radikalisme, Barung mengajak seluruh mahasiswa baru dan pihak kampus agar bersama-sama mencegah sedini mungkin agar radikalisme tidak bisa berkembang di lingkungan kampus.

"Agar kampus yang sejatinya sebagai tempat belajar dan mencari ilmu tidak tercemar dan terkontaminasi oleh radikalisme," pungkasnya. (ana/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO