Tinjau TTP Plus, Mentan RI Amran Sulaiman Beri Motivasi Petani Jatim

Tinjau TTP Plus, Mentan RI Amran Sulaiman Beri Motivasi Petani Jatim Pakde Karwo, Mendampingi menteri pertanian dalam rangka launching TTP di kab Gresik . Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman meninjau Taman Teknologi Pertanian (TTP) Plus di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng, Rabu (8/8/2018). Dalam kunjungannya, Amran Sulaiman memotivasi ratusan petani dari berbagai kelompok tani di Jawa Timur.

Ia mengajak petani untuk tetap optimis karena sudah banyak anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat. Anggaran itu di antaranya dirupakan dalam bentuk bantuan antara lain alat teknologi pertanian yang modern. 

"Alat-alat seperti traktor dan alat panen modern kita berikan ke petani," katanya di hadapan ratusan petani, Rabu (8/8/2018).

Dia menyebut, kunci dari petani sukses adalah mampu berinovasi dan mampu memanfaatkan teknologi. "Alam Kita sangat subur, jika petani tidur maka rakyat akan miskin," paparnya.

Dalam kunjungan tersebut Amran Sulaiman yang didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Di TTP Plus sendiri terdapat beberapa lahan pertanian modern antara lain tanaman buah mangga berbagai macam serta sayur mayur. Bahkan, dalam kawasan tersebut terdapat kawasan pembibitan mangga. Berbeda dengan tanaman mangga biasa, mangga yang ditanam di TTP Plus merupakan varian baru.

Pohon mangga di TTP plus sudah berbuah meski masih kecil. Selain kawasan pohon mangga, ada pula tanaman buah-buahan lain seperti pepaya.

Dalam kesempatan ini, Mentan juga mengapresiasi keberadaan TTP Plus. Menurutnya, di taman pertanian ini, selain ada banyak kawasan pertanian, juga ada gedung pelatihan teknologi pengolahan pertanian.  "Ini bagian kemajuan dalam bidang pertanian. Ini terobosan luar biasa," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO