Sabtu, 16 Januari 2021 00:02

Tinjau TTP Plus, Mentan RI Amran Sulaiman Beri Motivasi Petani Jatim

Rabu, 08 Agustus 2018 19:38 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Tinjau TTP Plus, Mentan RI Amran Sulaiman Beri Motivasi Petani Jatim
Pakde Karwo, Mendampingi menteri pertanian dalam rangka launching TTP di kab Gresik . Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman meninjau Taman Teknologi Pertanian (TTP) Plus di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng, Rabu (8/8/2018). Dalam kunjungannya, Amran Sulaiman memotivasi ratusan petani dari berbagai kelompok tani di Jawa Timur.

Ia mengajak petani untuk tetap optimis karena sudah banyak anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat. Anggaran itu di antaranya dirupakan dalam bentuk bantuan antara lain alat teknologi pertanian yang modern. 

"Alat-alat seperti traktor dan alat panen modern kita berikan ke petani," katanya di hadapan ratusan petani, Rabu (8/8/2018).

Dia menyebut, kunci dari petani sukses adalah mampu berinovasi dan mampu memanfaatkan teknologi. "Alam Kita sangat subur, jika petani tidur maka rakyat akan miskin," paparnya.

Dalam kunjungan tersebut Amran Sulaiman yang didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo serta Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Di TTP Plus sendiri terdapat beberapa lahan pertanian modern antara lain tanaman buah mangga berbagai macam serta sayur mayur. Bahkan, dalam kawasan tersebut terdapat kawasan pembibitan mangga. Berbeda dengan tanaman mangga biasa, mangga yang ditanam di TTP Plus merupakan varian baru.

Pohon mangga di TTP plus sudah berbuah meski masih kecil. Selain kawasan pohon mangga, ada pula tanaman buah-buahan lain seperti pepaya.

Dalam kesempatan ini, Mentan juga mengapresiasi keberadaan TTP Plus. Menurutnya, di taman pertanian ini, selain ada banyak kawasan pertanian, juga ada gedung pelatihan teknologi pengolahan pertanian.  "Ini bagian kemajuan dalam bidang pertanian. Ini terobosan luar biasa," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Jumat, 15 Januari 2021 23:19 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...