Debt Collector Arogan terhadap Nasabah, Massa LSM GMBI Demo Tuntut BCA Finance Gresik Ditutup

Debt Collector Arogan terhadap Nasabah, Massa LSM GMBI Demo Tuntut BCA Finance Gresik Ditutup Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro saat dialog dengan perwakilan massa LSM GMBI. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar demo di depan kantor Finance Cabang Gresik, komplek Ruko Grand Garden Jalan Dr. Wahidid. SH, Kecamatan Kebomas, Selasa (31/7/2018).

Demo dilakukan sebagai bentuk protes atas tindakan arogan terhadap para nasabah yang kredit kendaraan bermotor melalui Finance.

"Tutup Finance, tutup, tutup," teriak pendemo dalam aksinya sambil mengusung spanduk bertuliskan kecaman terhadap Finance.

S. Wibisono, salah satu orator dalam demo tersebut menyatakan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan atas banyaknya laporan dari nasabah Finance yang kendaraannya dirampas di jalan akibat menunggak cicilan.

"Tak sedikit dari korban yang mengalami kecelakaan, bahkan ada yang terkena penyakit jantung karena tindakan para tak manusiawi. Kedatangan kami ini untuk memprotes ulah tersebut," katanya.

Menurutnya, tindakan para tersebut merupakan kriminalitas. "LSM GMBI sangat mendukung instruksi Kapolri agar ditangkap kalau melakukan perampasan kendaraan nasabah. Kami minta pak polisi tembak di tempat para yang melakukan perampasan kendaraan nasabah," ujarnya.

Selain itu, ia menilai bahwa tindakan perampasan kendaraan merupakan tindakan kiriminal dan melanggar UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Wibisono mengungkapkan saat ini ada 15 korban yang kendaraannya dirampas oleh pihak Finance. Dengan rincian, 11 mobil dan 4 motor (roda 2). "Kami meminta kendaraan-kendaraan tersebut dikembalikan ke nasabah, kalau tidak kami akan tempuh jalur hukum," ancamnya.

Pantauan di lokasi, demo tersebut dijaga ketat puluhan petugas Polres Gresik yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Wahyu S.Bintoro. Menurut Kapolres, demo berjalan tertib dan kondusif.

"Berkat dukungan para pendemo yang bertindak sportif, demo berjalan aman dan kondusif," katanya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Debt Collector yang Seret Polisi di Jeneponto Dihajar Massa':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO