KRI Dewaruci Bawa Obor Asian Games XVIII ke Makassar Sulsel

KRI Dewaruci Bawa Obor Asian Games XVIII ke Makassar Sulsel

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KRI Dewaruci yang dikomandani Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. (Han)., tiba di Makassar dalam rangka berlayar melaksanakan kirab obor ASIAN Games XVIII Ta. 2018, Minggu, (29/07/2018).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didampingi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menerima api abadi Asian Games yang berasal dari India itu untuk diberikan kepada Plt Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono. 

Kirab obor Asian Games XVIII yang berlangsung di Makassar diawali dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menjemput api abadi, dan Gubernur Sulsel menyerahkan tinder box api Asian Games kepada Kasal, yang di bawa pawai laut menuju Dermaga Layang Mako Lantamal VI melewati perairan dangkal kota Makassar dengan menggunakan KRI Dewaruci. Sebelum meletakkan tinder box api Asian Games, Kasal melaksanakan foto bersama dengan pejabat Forkopimda setempat.

Saat berlayar menuju Dermaga Lantamal VI, para siswa berprestasi dengan gagah berani melaksanakan Parade Roll di tiang layar KRI Dewaruci. Pesta olah raga se-Asia ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus s/d 2 September 2018 bertempat di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Sebanyak 45 Negara peserta Asian Games XVIII, 37 Cabang Olahraga, di mana 28 Cabang Olahraga dari Olimpiade, 4 Cabang Olah  raga khas Asia dan 5 Cabang lagi merupakan usulan tuan rumah Indonesia.

Sebaliknya di dermaga telah siap menyambut pasukan perang yang dikenal dengan Tubarania dengan Anggaruk (Sumpah Setia) oleh pasukan Kerajaan Gowa yang berbaju adat Makassar dan tari paraga, serta pengalungan bunga Dara Daeng Makassar kepada Kasal.

Prosesi Api Asian Games diakhiri dengan serah terima api abadi dari Kasal kepada Plt. Gubernur Sulsel dan Penyulutan Api Abadi ke Api Obor bertempat di depan pintu gerbang Mako Lantamal VI yang diiringi drumband Taruna Pelayaran Makassar. Kemudian dilanjut dengan serah terima api obor dari Plt. Gubernur Sulsel kepada pelari estafet pertama menuju tugu Mandiri Makassar.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud, Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M.Tr (Han) dan diikuti Forkopimda Sulsel lainnya. (*)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO