Begini Cara Mahasiswa KKN UMM Gali Kreativitas dan Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa SDN Tulungrejo

Begini Cara Mahasiswa KKN UMM Gali Kreativitas dan Tingkatkan Kepercayaan Diri Siswa SDN Tulungrejo Sejumlah perwakilan siswa-siswi yang mengikuti lomba baca puisi saat hendak tampil di depan teman-temannya.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 135 mengadakan lomba mewarnai dan pembacaan puisi di SDN 1 Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Selasa (24/7) kemarin. Peserta yang berpartisipasi pada lomba mewarnai yaitu seluruh kelas 1 dan 2, sedangkan untuk lomba puisi hanya perwakilan dari kelas 4,5 dan 6.

Dimas, salah satu mahasiswa KKN UMM di Desa Tulungrejo mengatakan bahwa acara ini diadakan Divisi Pendidikan dan Keagamaan dalam rangka memperingati hari anak nasional. Menurutnya, lomba ini bisa meningkatkan kreativitas dan kepercayaan siswa SDN 1 Tulungrejo.

"Antusias siswa SDN 1 Tulungrejo sangat baik, mereka mewarnai gambar yang disediakan dengan pemilihan warna yang beragam dan unik. Sedangkan di dalam perlombaan puisi, siswa membacakan puisi dengan penuh penghayatan sehingga isi dari puisi tersebut bisa tersampaikan," ujar Dimas.

Untuk perlombaan mewarnai, Dimas menjelaskan jika indikator penilaiannya meliputi kerapian, kebersihan, kreativitas, dan gradasi warna. Sedangkan indikator penilaian perlombaan puisi yaitu penghayatan, lafal, intonasi, dan ekpresi.

Pemenang langsung diumumkan hari itu juga. Juara pertama dan dua dari setiap perlombaan mendapatkan piala dan sertifikat yang diberikan oleh kepala sekolah dan kordinator desa kelompok KKN 135. Sedangkan juara 3 mendapatkan piala yang yang diberikan oleh perwakilan dari Divisi Pendidikan dan Keagamaan.

"Dengan adanya perlombaan ini diharapkan seluruh siswa bisa lebih termotivasi dalam mengapresiasi potensi yang dimilikinya," tutup Dimas. (*/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO