Sumamburat: Rakyate Klilipen?

Sumamburat: Rakyate Klilipen? Suparto Wijoyo

Oleh: Suparto Wijoyo*

PALAGAN demokrasi itu ternyata menyajikan watak dasar manusia yang paling sejati dengan kandungan manipulasi yang selalu ditoleransi. Meraih posisi penting dalam negara serendah apapun harus diperjuangkan dengan lelehan ”dunyo brono dodol rojo koyo”. Kehendak untuk menduduki dampar kencono kekuasaan bukanlah sekadar pertarungan biasa melainkan perhelatan yang toh nyowo lan toh pati. Pencapaiannya penuh misteri meski senantiasa diakali dengan kecerdikan nan pencitraan diri melalui kehobongan dikit-dikit, tak urus hendak menjadi ”bukit dusta lagi”.

Janji kiranya disepakati mereka yang bermain bahwa menebarnya bukanlah soal dipenuhi tetapi cukuplah untuk diketahui. Pengetahuan rakyat secara langsung tentang siapa yang berjanji adalah anugrah yang musti diraih agar keterkenalan berbanding lurus dengan keterpilihan. Di sini jangan membincang keterwakilan rakyat, cukuplah menyoal keterajakan mereka untuk menghadiri ”pesta demokrasi” yang sudah dipersiapkan dengan biaya yang tidak mampu kau hitung dengan kesepuluh jemari tangan.

Simaklah senyum di gambar-gambar para kandidit apapun, mulai dari kades sampai presiden, semua memasang foto terbaiknya dan mereka menebarkan ”ujaran yang dibungkus visi-misi” yang tidak bisa dijaring pemilih secara pasti. Namun rakyat boleh mendengar kampanye yang dipidatokan tetapi tidak akan mengevaluasi ketepatannya karena setelah ”jabatan dikangkangi”, langkah berikutnya adalah ”daulat rakyat yang dikadali”. Berbaris janji bisa ditulis dan diserukan dalam orasi-orasi demontsrasi yang memekakkan telinga khalayak, tetapi yakinlah bahwa hal itu soal lain dengan pemenuhannya. Para bawahan dapat diminta untuk menjawab atas kenaikan semua harga dan kondisi yang menggelisahkan.

Sepertarikan nafas pada akhirnya yang disalahkan adalah kahanan mengingat bagaimanapun yang diwartakan adalah ”dia sedang bekerja”, sibuk meresmikan ini itu. Ya bekerja keras untuk menaikkan semua harga dan melumpuhkan rupiah tanpa sengaja akibat pasar global yang sedang membual dengan dampak ikutan ”ekonomi nasional kena imbas gelegak dunia”. Kahanan kehidupan sosial yang selalu dinamik itulah yang layak dipersalahkan dan jangan coba-coba ada person pemerintahan yang kau salahkan atas ”fluktuasi harga” kalau kau tidak hendak diperdaya olehnya.

Sudahlah. Kini yang ada adalah bahwa jerit kegemparan rakyat tidak akan mampu sampai ke telinga yang sedang memuja singgasana dengan pertimbangan ”adakah rakyat tetap berdaulat hari ini, bukankah dulu waktu pemilihan mereka semua telah menyerahkan mandatnya”. Rakyat telah nyoblos memilihku, lantas kau hendak menghardiku. Ohhh... tidaklah etis. Apalagi semua media sudah di tangan tanpa suara lantang. Fenomenanya amat ”menggelikan” dengan operasi sibuk kejar tanyang mengerjakan tugas yang dijejalkan kepada semua civitas demokrasi.

Memang ini soal amanah ataupun tidak bukanlah penting adanya. Kalaulah para petinggi yang dipilih kiranya sudah dimafhumi dengan anggitan tidak harus sanggup memenuhinya sekarang, bukankah masih terbuka untuk periode berikutnya. Maka janji harus ditaburkan kembali, bila perlu sampai rakyat klilipen dan sliliten visi-misi, hingga sibuk karepe dewe, tak sempat menagih kembali.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO