Selasa, 18 September 2018 23:20

Plt Bupati Pasuruan Surati Presiden Soal SPAM Umbulan

Kamis, 12 Juli 2018 01:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
Plt Bupati Pasuruan Surati Presiden Soal SPAM Umbulan
Bukti surat Bupati ke Presiden dan KPK.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Plt. Bupati Pasuruan tiba-tiba mengirimkan surat peninjauan kembali proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan. Surat kepada Presiden RI yang ditembuskan ke sejumlah pihak juga meminta agar dalam pengelolaan pelaksanaan proyek melibatkan masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Surat tertanggal 4 Juni 2018 ditandatangani Plt Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayuda. Kala itu, ia menggantikan Bupati Irsyad Yusuf yang sedang dalam masa cuti kampanye Pilkada 2018. Seolah-olah ia memanfaatkan jabatan yang tengah diembannya.

Surat peninjauan kembali tersebut didasarkan aspirasi masyarakat tentang penolakan proyek Umbulan. Selain itu juga memperhatikan saran dari ulama, kiai dan tokoh masyarakat agar melibatkan masyarakat dalam pengelolaan Umbulan.

“Pemkab Pasuruan dan masyarakat wajib memiliki kontrol dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Pasuruan. Masyarakat tetap terbuka untuk bekerja sama pemanfaatan Umbulan sepanjang mendapatkan manfaat optimal dan diberikan kewenangan melakukan kontrol yang kuat,” kata Gaga, panggilan akrab Plt Bupati Pasuruan.

Masyarakat melalui BUMD, kata Gaga, harus diberikan kesempatan dalam investasi pemanfaatan sumber Umbulan terutama proses air hulu dan perpipaan. Bukan terbatas pada pemanfaatan air hasil pengolahan saja, tetapi juga pada proses pengelolaan investasi air. Sehingga masyarakat memperoleh hasil optimal dan mempunyai kontrol dalam pemanfaatan sumber daya alam tersebut.

“Skenario yang ada adalah pemberian 400 m3/jam ke PDAM Kabupaten Pasuruan dari konsorsium Medco Bangun Cipta yang berwujud air siap pakai. Analisa kami, itu hanya upaya dummy untuk dapat menjalankan proyek tanpa ada perusahaan daerah yang terlibat. Tanpa proyek ini, masyarakat sudah mendapatkan air bersih bahkan tidak berbayar,” jelasnya. (par/ian)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...