Sabtu, 23 Februari 2019 18:48

Usai Kenaikan Harga BBK, Harga Daging Ayam dan Daging Sapi Naik

Rabu, 11 Juli 2018 12:27 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Usai Kenaikan Harga BBK, Harga Daging Ayam dan Daging Sapi Naik
Slamet Budianto, pedagang sayuran di Pasar Minulyo.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kenaikan harga bahan bakar khusus (BBK) sepertinya berbanding positif dengan kenaikan sejumlah harga komoditas bahan pokok. Di Pacitan, telur ayam dan daging beberapa hari ini menampakkan tren kenaikan.

Tanti, salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Minulyo Baleharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan menuturkan, sudah selama empat hari terakhir ini daging ayam potong naik mencapai kisaran Rp 45 ribu per kilogram (kg) untuk kualitas super. Di bawah itu, ia menjual tak kurang dari Rp 40 ribu per kg.

"Saya mengulak dari Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Sehingga harga sedikit selisih dengan lainnya," ujar wanita berparas ayu ini, Rabu (11/7).

Ditanya soal harga daging sapi, pedagang asal Dusun Bengkal Desa Tanjungsari ini mengatakan, rata-rata pada kisaran Rp 125 ribu hingga Rp 130 ribu per kg. "Kenaikan harga tersebut mayoritas dipicu persoalan suplai dari pedagang yang belakangan memang sedikit menurun," jelasnya.

Di tempat terpisah, Slamet Budianto, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Minulyo mengungkapkan kalau harga cabai justru turun bila dibandingkan sepekan lalu. "Sebelumnya harga cabe mencapai Rp 60 ribu per kg, akan tetapi empat hari ini menjadi Rp 52 sampai Rp 55 ribu per kg," tutur Slamet.

Sedangkan untuk harga bumbu dapur seperti halnya bawang merah dan bawang putih, pedagang bertubuh subur ini mengatakan harganya relatif stabil. Rata-rata kedua komoditas tersebut dijual seharga Rp 20 ribu per kg. "Hanya cabai yang mengalami fluktuatif harga," jelasnya.

Sementara itu, untuk harga buah-buahan segar hingga pertengahan bulan sejak ada kebijakan kenaikan harga BBK, justru semakin merosot. Khususnya harga jeruk, lantaran lagi panen raya harganya pun juga terdampak.

"Rata-rata untuk buah-buahan segar relatif stabil, atau bahkan turun karena lagi panen raya," ujar Sutrisno, pedagang buah yang juga Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Minulyo.

Menurutnya, kenaikan harga mayoritas terjadi untuk beragam jenis sayuran. "Persoalan tersebut dipicu oleh situasi musim. Untuk brokoli misalnya, yang semula dijual seharga Rp 15 ribu, saat ini naik menjadi Rp 25 ribu," sebutnya. (yun/dur)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Februari 2019 12:01 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEBAT capres kedua telah digelar dengan segala kehormatannya pada 17 Februari 2019. Riuh tepuk tangan dan sorakan terdengar di setiap kerumunan sebagai lahan hiburan politik yang sangat komunalistik. Saya sendiri menepikan dir...
Sabtu, 23 Februari 2019 12:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...