2019, Pemkot Mojokerto Pasang 10 Jargas Baru

2019, Pemkot Mojokerto Pasang 10 Jargas Baru Sosialisasi Pemasangan Jargas Bumi oleh Pemkot Mojokerto. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Mojokerto kembali menyosialisasikan Pemasangan Jaringan Gas (jargas) Rumah Tangga untuk tahun 2019. Sosialisasi yang digelar Bagian Perekonomian ini dihadiri perwakilan warga dari 18 Kelurahan di Kota Mojokerto.

Kabag Perekonomian Sumarmi Astutik mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut program pemerintah pusat, di mana pada tahun 2017 Kota Mojokerto telah memasang 5.000 jargas di lima kelurahan, yaitu Mentikan, Kauman, Miji, Surodinawan dan Prajurit Kulon.

Rencananya pada tahun 2019 akan mendapatkan 10.000 jaringan yang akan dipasang di 10 Kelurahan yaitu Kelurahan Meri, Gunung Gendangan, Kedundung, Balongsari, Magersari, Jagalan, Sentanan,Gedongan, Purwotengah dan Kranggan.

Kepala Bagian Perekonomian Sumarmi Astuti ketika membuka acara,menjelaskan bahwa pembangunan jargas bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

“Bagi pemerintah, dengan adanya jargas dapat mengurangi beban subsidi minyak tanah dan LPG, menyukseskan program diversifikasi energi dan menyukseskan program langit biru. Bagi masyarakat adalah tersedianya energi yang murah, aman, dan praktis serta teralirinya gas bumi untuk rumah tangga di Kota Mojokerto,” jelasnya.

Sumarmi juga menyampaikan, dengan mengundang warga masyarakat dalam sosialisasi, masyarakat tidak akan mudah diterpa isu-isu negatif tentang kerugian jargas sehingga mereka dapat menjelaskan dan menyebarkan manfaat jargas kepada masyarakat di sekitar lingkungan masing-masing.

“Saya juga meminta kepada yang hadir agar menyampaikan informasi secara jujur dan jelas kepada masyarakat, serta menjelaskan bahwa program jargas ini aman dan didukung penuh oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” tegasnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, Kota Mojokerto memiliki beberapa keuntungan, antara lain dekat dengan sumber gas alam yang ada di Sidoarjo. “Topografinya landai sehingga mudah dipasang pipa gas. Di samping itu Kota Mojokerto juga padat penduduknya,” imbuhnya.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini Anggi Suherdian dan Umar Wahyuddin dari PT Azevendopratama Consultant selaku konsultan yang menangani . Selain dijelaskan manfaat jargas, warga juga mendapat informasi proses pendataan/survei pemasangan jargas. (yep/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO