Gandeng Jasa Raharja, PTPN X Latih Petani Tebu

Gandeng Jasa Raharja, PTPN X Latih Petani Tebu Jajaran pimpinan Jasa Raharja dan PTPN X saat menghadiri pelatihan petani tebu. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - PT Perkebunan Nusantara () X mengadakan Pelatihan Petani Milenial angkatan ke-II di Kediri, Senin hingga Selasa (2-3/7). Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi dan mentransfer knowledge kepada para petani generasi muda untuk giat berbudidaya tebu.

Ada sebanyak 50 orang petani muda yang ikut dalam pelatihan selama dua hari ini. Petani milenial ini merupakan binaan dari 9 pabrik gula milik X yang tersebar mulai Sidoarjo, Jombang, Nganjuk, Kediri, dan Tulungagung. Kesemuanya mengikuti materi yang disampaikan oleh petugas tanaman dari X.

Tak hanya itu, materi tersebut diikuti dengan diskusi tentang peluang bisnis Tebu dan perkembangan potensi Tebu bersama perwakilan APTRI bertempat di Hotel Grand Surya, Kediri.

Acara turut dihadiri oleh Kepala Cabang PT Asuransi Jiwasraya Surabaya, Suhadi. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyampaikan tentang dana PKBL sejumlah Rp 25 miliar guna pengembangan kompetensi petani tebu X.

Direktur Operasional X, Mustaqim menjelaskan, X selalu berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan on farm, termasuk secara aktif membina para petani di masing-masing wilayah pabrik gula melalui pelatihan milenial kali ini. Ia berharap pelatihan ini akan menumbuhkan semangat generasi penerus petani tebu yang berkualitas.

" X memiliki jumlah petani tebu sebanyak 9.000 kelompok tani. Mengingat saat ini sudah terjadi pergeseran kepemilikan lahan tebu dari orang tua kepada anaknya, maka menjadi penting untuk memberikan transfer knowledge kepada petani-petani tebu milenial ini. Pelatihan ini merupakan strategi untuk memotivasi petani muda dalam hal menanam tebu," ungkap Mustaqim di Hotel Grand Surya, Kota Kediri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO