Selasa, 17 September 2019 08:25

​Bawa Sampah ke TPS di Jombang Bisa Dapat Bibit Tanaman

Rabu, 27 Juni 2018 19:56 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
​Bawa Sampah ke TPS di Jombang Bisa Dapat Bibit Tanaman
Warga membawa pulang bibit tanaman usai mencoblos di TPS 001 Kelurahan Kaliwungu. Foto: RONY S/BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan yang tidak biasa di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang Kota, Rabu (27/6/2018).

Biasanya, warga datang ke TPS kemudian menggunakan hak pilihnya dan langsung pulang. Namun, di TPS ini masyarakat datang dengan membawa sampah. Sedangkan pulangnya mereka memdapatkan bibit tanaman.

Begitu datang warga yang membawa sampah, langsung menimbangnya. Sedangkan, bibit tanaman cabai maupun terong berjajar di atas meja, tepat di depan pintu keluar TPS itu.

Menurut anggota KPPS setempat, Santi Wardani, TPS tersebut dihias dengan aneka sampah dari plastik untuk mengakampanyekan lingkungan. Selain itu juga, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Biar masyarakat tertarik datang ke TPS, untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang,” jelasnya, Rabu (27/6/2018).

Sementara itu, salah seorang warga, Sri Mulyani mengatakan, sangat terbantu dengan adanya himbau membawa sampah ke TPS dan ditukarkan dengan aneka bibit tanaman. “Sangat menarik sekali dan membantu warga, karena sampah menumpuk di rumah,” jelasnya.

Pilkada Jombang diikuti tiga pasangan calon. Masing-masing, paslon nomor urut 1, Mundjidah Wahab-Sumrambah. Pasangan ini diusung PPP (4 kursi), Partai Demokrat (6 kursi) serta Partai Gerindra (2 kursi). Selain itu, juga didukung partai nonparlemen, yakni Perindo.

Kemudian nomor urut 2, pasangan Nyono Suharli-Subaidi Muhtar. Pasangan tersebut diusung Partai Golkar (7 kursi), PKB (8 kursi), PKS (5 kursi), Partai Nasdem (4 kursi) dan PAN (3 kursi).

Terakhir atau paslon nomor urut 3, M Syafiin-Choirul Anam (Syahrul). Pasangan tersebut diusung PDIP (9 kursi) dan Partai Hanura (2 kursi). Syahrul juga didukung partai non parlemen, PKPI dan PBB. (ony/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...